Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

BPKN Selidiki Dugaan Penggelapan Sertifikat oleh Pengembang

Sabtu 06 Jan 2018 11:04 WIB

Red: Budi Raharjo

Sertifikat Tanah

Sertifikat Tanah

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Koordinator Bidang Pengaduan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) RI, Rizal E Halim menyatakan pihaknya tengah mendalami masalah dugaan penggelapan sertifikat oleh pengembang perumahan. Pengembang diduga menggadaikan 204 sertifikat rumah hkonsumen ke bank.

"Pihak bank tidak terkait dengan masalah penggelapan sertifikat oleh pengembang yang sedang didalami oleh BPKN saat ini," kata Rizal di Jakarta, Sabtu (6/1).

Ia menjelaskan BPKN saat ini sedang meneliti kasus penggelapan 204 sertifikat rumah konsumen yang digadaikan oleh pihak pengembang. Kasus ini bermula dari pengaduan perwakilan warga salah satu perumahan yang menyebutkan bahwa ada 204 unit di perumahan tersebut ingin disita oleh pihak perbankan akibat gagal bayar developer.

Rizal mengatakan ada banyak persoalan di sektor perumahan dimana konsumen seringkali menjadi pihak yang dirugikan. Konsumen perumahan selalu berada pada posisi inferior dan vulnerable.

Padahal rumah tersebut adalah unit yang dibeli warga dan sebagian besar telah lunas. Atas kasus tersebut, BPKN telah memanggil sejumlah pihak termasuk perbankan pemberi kredit untuk melihat sejauh mana perbuatan melanggar humum yang dilakukan oleh pihak-pihak terkait. Menurut Rizal, jika ada tindak pidana di dalamnya, maka secepatnya akan diteruskan kepada pihak kepolisian.

Sementara itu Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) mencatat selama periode Januari hingga November 2017 bahwa pengaduan masyarakat terkait sektor perbankan mencapai 34 persen dari total pengaduan yang diterima.

Berdasarkan catatan BPKN, setelah sektor perbankan, pengaduan masyarakat tersebut antara lain terkait dengan pembiayaan konsumen sebesar 28 persen, perumahan sembilan persen, periklanan empat persen, e-dagang empat persen dan sektor telekomunikasi sebesar tiga persen.

Beberapa pengaduan lain yang dicatat oleh BPKN dari sektor ritel, transportasi, ekspedisi, barang elektronik, haji atau umrah, asuransi, layanan kesehatan dan undian berhadiah.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA