Sabtu 06 Jan 2018 05:40 WIB

Apa yang Terjadi Jika Manusia Hanya Makan Daging?

Rep: Rossi Handayani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Daging mentah.
Foto: Pixabay
Daging mentah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada metode diet yang mendorong Anda untuk meningkatkan konsumsi daging atau hanya mengkonsumsi sumber makanan hewani tersebut. Namun apa yang sebenarnya terjadi jika manusia hanya makan daging?

Menurut video dari AsapSCIENCE, dilansir Science Alert Jumat (5/1), mengonsumsi daging saja ternyata bisa memicu sejumlah dampak tidak menyehatkan. Salah satunya sembelit. Gangguan ini kerap terjadi akibat kurangnya serat yang dibutuhkan tubuh. Serat ini biasanya didapatkan dari sayuran dan kacang polong.

Tidak hanya itu, diketahui salah satu cara terbaik untuk untuk tubuh menghasilkan energi adalah dengan mengubah karbohidrat (misalnya dari nasi) menjadi glukosa. Namun ketika Anda menghilangkan unsur itu, dengan hanya mengonsumsi daging,  maka tubuh akan mulai membakar lemak dan protein penting.

Dampak negatif lain dari mengonsumsi daging saja adalah kekurangan vitamin C. Manusia salah satu makhluk yang tidak bisa memproduksi sendiri vitamin ini. Cara umum untuk mendapatkannya hanya dari buah atau sayuran.

Tubuh tanpa vitamin C akan sulit memproduksi kolagen (struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit) dan berisiko memiliki kudis.  

Memang ada cara lain mendapatkan vitamin C. Salah satunya dengan mengonsumsi daging mentah. Kulit dan lemak daging mentah sebenarnya mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi, namun proses memasak menghilangkannya.  

Sayangnya daging mentah, meski baik untuk asupan vitamin C, juga cenderung memiliki bakteri merugikan yang bisa memicu penyakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement