Minggu, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 Desember 2019

Minggu, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 Desember 2019

Tahun Baru, Harga Sewa Vila di Puncak Meningkat

Ahad 31 Des 2017 17:31 WIB

Red: Hazliansyah

Deretan villa di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Deretan villa di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Menjelang malam pergantian tahun, harga sewa vila di kawasan Puncak-Cipanas, Jawa Barat, meroket hingga dua kalilipat dibandingkan hari libur akhir pekan. 

Namun mahalnya harga sewa permalam yang diberikan pengelola, tidak menyurutkan minat pendatang dari berbagai kota di Jabodetabek, untuk menghabisan malam pergantian tahun di kawasan tersebut.

Ujang Dedi (42), pengelola belasan vila di Kecamatan Pacet, pada wartawan, Ahad, mengatakan, menjelang malam pergantian tahun, harga sewa berbagai type vila naik hingga dua kali lipat. Seperti vila dua kamar tanpa fasilitas tambahan dihargai Rp 2,5 juta permalam.

"Untuk vila dengan empat kamar plus fasilitas termasuk kolam renang, dibandrol diatas Rp 5 juta permalam. Untuk hari ini dari 13 vila yang ada, sudah terisi penuh sampai tanggal 2 Januari," katanya.

Tingkat pemesanan tahun ini, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Karena tahun lalu, ungkap dia, masih tersisa dua vila tidak terisi. Namun tahun ini, dia telah mengarahkan enam tamu ke vila lain karena vila yang dikelolanya sudah penuh.

Hal senada terucap dari Handayani (42) pengelola puluhan vila di Perumahan Kota Bunga di Kecamatan Cipanas. Meskipun masih tersedia vila kosong, namun pihaknya menilai ada peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

"Tahun lalu, kami hanya mengelola belasan vila di perumahan ini. Tahun ini dari 30 vila yang kami kelola, 22 diantaranya sudah terpesan untuk hari ini sampai tanggal 2 Januari," katanya.

Bahkan vila tersebut disewakan ke 50 persen wisatawan asing asal Timur Tengah yang sengaja datang untuk merayakan malam pergantian tahun di kawasan tersebut.

"Sama seperti tahun lalu, wisatawan asal Timur Tengah, cukup mendominasi," katanya.

Sementara tingkat hunian hotel berbintang di kawasan tersebut, hampir terisi penuh. Beberapa pengelola hotel mengatakan, menjelang pergantian tahun, tamu dadakan akan berdatangan, sehingga ratusan kamar yang mereka sediakan akan terisi penuh.

"Untuk sore ini, masih ada 20 persen kamar yang kosong dan diperkirakan akan teris full menjelang dan setelah pergantian tahun. Kami menggelar sejumlah acara untuk menghibur tamu yang datang menjelang malam pergantian tahun," kata Panji Asst Marcom Manager Palace Hotel.

Sedangkan Humas Zury Hotel Iwan Boim, mengatakan, sejak dua hari terakhir, puluhan kamar yang dimiliki hotel tersebut, telah terisi penuh hingga tanggal 2 Januari, sehingga mereka terpaksa menolak dan menyarankan tamu ke hotel lain.

"Sudah penuh sampai tanggal 2 Januari, kami merekomendasikan tamu ke sejumlah hotel melati yang banyak terdapat di sepanjang jallur Puncak-Cipanas. Tahun ini banyak acara yang kami berikan untuk menghibur tamu yang datang," katanya.


sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA