Wednesday, 10 Rajab 1444 / 01 February 2023

BMH Gulirkan Program Sekolah Ibu Sehat

Jumat 29 Dec 2017 06:00 WIB

Red: Sandy Ferdiana

 Baitul Maal Hidayatullah (BMH) menggulirkan program pemberdayaan ekonomi bernama Sekolah Ibu Hebat di Kota Bekasi, Rabu (27/12).

Baitul Maal Hidayatullah (BMH) menggulirkan program pemberdayaan ekonomi bernama Sekolah Ibu Hebat di Kota Bekasi, Rabu (27/12).

Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Baitul Maal Hidayatullah (BMH) memiliki cara tersendiri dalam meningkatkan keterampilan para janda dan ibu-ibu dhuafa. Kali ini, program pemberdayaan ekonomi BMH untuk kaum Hawa bernama Sekolah Ibu Hebat. 

Program Sekolah Ibu Hebat angkatan pertama berlangsung di Gedung Multazam Islamic Center, Kota Bekasi, Rabu (27/12). Kegiatan berlangsung pukul 09.00 WIB hingga 14.00 WIB. Sedikitnya 60 peserta janda dan ibu-ibu dhuafa tamak antusias mengikuti kegiatan tersebut. Sehari-harinya, para peserta itu berperan menjadi tulang punggung keluarga.

Dalam kegiatan itu, para peserta dilatih mempraktikan proses pembuatan aneka kue olahan dari ubi merah. BMH sengaha menghadirkan dua orang mentor, yakni Ibu Neni Sukmayani Pendiri Komunitas Bakul Kue Rumahan Indonesia.

Selain dilatih keterampilannya, pesertapun mendapatkan bekal motivasi dari Yurnia Indriasari atau yang akrab disapa Teh Indri (distributor ayam karkas). Pengalamannya sebagai sosok pengusaha muda dengan omset miliaran rupiah.

Kepala Perwakilan BMH Jabar Zainal Abidin mengatakan, Sekolah Ibu Hebat merupakan program pemberdayaan ekonomi untuk mendukung para janda dan ibu dhuafa. Tujuanya, papar dia, agar janda dan ibu-ibu dhuafa itu mampu berkarya dan mandiri menuju masa depan keluarga yang lebih baik.

Melalui program itu, BMH bermaksud meningkatkan harkat dan martabat kaum Ibu yang menjadi tulang punggung ekonomi keluarga. ‘’Ibu-ibu dhuafa dan janda itu akan mendapatkan bekal keterampilan dan mampu berkarya secara mandiri, walaupun dengan keterbatasannya,’’ ujar Zainal dalam siaran pers yang diterima Republika, Kamis (28/12).

Zainal memaparkan, selama ini mereka membiayai dan mendidik anak-anaknya dengan kemampuannya sendiri. Dengan dibekali keterampilan, maka harkat dan martabat mereka akan naik dan mampu menciptakan generasi yang berkualitas.

Kegiatan di Bekasi bukan yang terakhir.  BMH akan kembali menggelar program serupa di kota-kota lainnya, agar ibu-ibu dhuafa dan jandanya bisa dibekali skill kemandirian ekonomi. Bagi donatur yang ingin berpartisipasi mendukung program Sekolah Ibu Hebat BMH, dapat menghubungi BMH di nomor telepon 021-7975770 atau rekening donasi Bank BSM 7006-113-413.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA