Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Ketua Umum PSSI Harapkan Timnas Atasi Islandia

Selasa 26 Dec 2017 18:04 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah

Edy Rahmayadi

Edy Rahmayadi

Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi meminta timnas Indonesia tak gentar saat menghadapi Islandia. Skuat asuhan pelatih Luis Milla Aspas harus tampil baik dan meraih kemenangan di kandang sendiri. Laga persahabatan ini akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pada 14 Januari 2018.

Edy mengatakan, meski cuma pertandingan uji coba, masyarakat Indonesia mendambakan kemenangan. Dia mengatakan, Hansamu Yama Pranata dan kawan-kawan layak menang 1-0. "Kita semua mengharapkan menang, kata dia, Selasa (26/12).

Edy mengakui menjamu Islandia kali ini bukan pertandingan gampang bagi Indonesia. Karena itu, kemenangan tipis 1-0 disebutnya cukup baik karena peringkat FIFA Islandia jauh di atas Indonesia.

Menjelang akhir tutup 2017, Indonesia menempati posisi ke-162 di bawah Papua Nugini. Padahal pada medio Oktober dan November lalu, posisi Merah Putih berada di peringkat ke-154 dan 155.

Sementara Islandia, masuk dalam daftar 50 negera sepak bola terbaik di dunia. Timnas asuhan pelatih Heimir Hallgrimsson itu ada di peringkat ke-22 tabel FIFA. 

Reputasi Islandia di Eropa membuat timnas negara tersebut menjadi salah satu timnas yang diyakini berjaya pada Piala Dunia 2018 di Rusia.

Akan tetapi, harapan Indonesia untuk bisa meraih kemenangan memang ada. Sebab Islandia, tak membawa beberapa pemain utamanya. Para pemain bintang seperti  Gylfi Sigurdson dan Birkir Bjarnason tak ikut serta dalam eksebisi perdana kedua negara. Meskipun pelatih Hallgrimsson tetap membawa lima pemain yang menjadi proyeksi skuatnya di Piala Dunia.

Sedangkan Indonesia, Milla sepertinya tak melakukan banyak perubahan pada  komposisi pemain. Asisten pelatih Bima Sakti Tukiman pernah menyampaikan, Milla akan mengandalkan para pemain yang tampil saat turnamen Piala Solidaritas Aceh 2017. Daftar skuat tersebut, dikatakan Bima akan menjadi tulang punggung tim menuju Asian Games 2018.

Milla mengandalkan tiga pemain senior, yaitu kiper Andritany Ardhyasa, Andik Vermansah, serta striker Ilija Spasojevic. Milla juga menyertakan satu pemain U-19 Egy Maulana Vikri. 

Selebihnya Milla mengandalkan para pemain dari barisan U-23 yang setahun ini dalam asuhan pelatih dari Spanyol tersebut. Termasuk besar peluang kembali mengandalkan peran gelandang Evan Dimas Darmono dan Ilham Udin Armaiyn yang tak direstui federasi nasional hijrah ke Liga Malaysia bersama Selangor FA.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA