Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Konsumsi Cokelat Hitam Lindungi Mata dari Penyakit

Ahad 24 Dec 2017 01:30 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Esthi Maharani

Lindungi mata dengan cokelat

Lindungi mata dengan cokelat

Foto: Express

REPUBLIKA.CO.ID, Mengonsumsi makanan seimbang dan sehat adalah kunci untuk menjaga kesehatan mata yang baik. Juru bicara klinis Supersaver, Dr Nigel Best menyebut makan cokelat hitam dapat melindungi mata dari sejumlah penyakit termasuk degenerasi makula terkait usia.

Antioksidan dalam coklat gelap adalah kunci untuk perlindungan mata. Menambahkan antioksidan ekstra akan membantu tubuh untuk mengatasi efek merusak dari sinar matahari atau paparan kimiawi, dan bahkan komplikasi terkait stres. Coklat menjadi salah satu makanan kaya antioksidan selain pecan, elderberry, blueberry dan cranberry.

"Cokelat hitam mengandung konsentrasi tinggi antioksidan, flavonoidPenelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa antioksidan dapat membantu melindungi mata dari sejumlah penyakit termasuk degenerasi makula terkait usia. Tak perlu dikatakan lagi bahwa kelebihan berat badan dapat berdampak negatif bagi kesehatan Anda, moderasi adalah kuncinya," kata Best dilansir dari laman Express, Sabtu (23/12).

Selain itu, menurutnya mengonsumsi kecambah Brussel, memakai kacamata hitam, dan tetap terhidrasi adalah cara lain untuk melindungi mata dari kerusakan. Orang harus memakai kacamata hitam, bahkan di musim dingin.

"Terlalu banyak paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan serius pada mata karena sinar ultra violet. Efek ini meningkat saat cahaya diintensifkan karena memantulkan permukaan luar, seperti permukaan jalan, pasir atau salju," ungkap Best.

Penelitian juga mengungkapkan bahwa orang dengan asupan vitamin C yang tinggi memiliki 20 persen lebih rendah risiko katarak. Vitamin C digunakan oleh tubuh untuk penyembuhan luka, dan menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda.

"Di atas ini, wortel adalah sumber beta karoten yang baik, yang membuat tubuh kita menjadi vitamin A, penting untuk penglihatan normal dan sistem kekebalan tubuh yang sehat," ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA