Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Tiket Sejumlah KA dari Jember Ludes Terjual

Sabtu 23 Dec 2017 03:15 WIB

Red: Nur Aini

Ilustrasi rel kereta api.

Ilustrasi rel kereta api.

Foto: Republika/Agung Supriyanto

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Tiket sejumlah kereta api (KA) jarak jauh dan menengah di wilayah Daerah Operasi 9 Jember habis terjual menjelang liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 yang bersamaan dengan liburan sekolah.

"Beberapa rangkaian kereta sudah penuh untuk keberangkatan hari Jumat ini hingga Senin pekan depan karena memang pemesanan tiket kereta bisa dilakukan H-90 sebelum keberangkatan," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 9, Luqman Arif, di Jember, Jawa Timur, Jumat (22/12).

Menurut dia KA Logawa relasi Jember-Purwokerto, KA Sritanjung relasi Banyuwangi-Lempuyangan Yogyakarta, dan KA Probowangi relasi Banyuwangi-Surabaya sudah penuh untuk keberangkatan 22-25 Desember 2017.

"Untuk KA Ranggajati relasi Jember-Cirebon sudah terjual sekitar 90 persen untuk keberangkatan Jumat hingga Senin (25/12), sedangkan KA Mutiara Timur reguler relasi Banyuwangi-Surabaya sudah terjual 95 persen dan KA Mutiara Timur tambahan baru terjual 25 persen," tuturnya.

Ia mengatakan meningkatnya okupansi penumpang kereta api tidak hanya terjadi pada keberangkatan di sejumlah stasiun wilayah kerja Daop 9 selama liburan Natal yang bersamaan dengan libur sekolah, tetapi penumpang juga meningkat saat tiba di sejumlah stasiun wilayah kerja Daop 9 sepanjang Kabupaten Pasuruan hingga Banyuwangi.

"Kami prediksi jumlah penumpang mengalami kenaikan sekitar 5 persen dibandingkan pada periode Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 karena tahun ini ada penambahan rangkaian KA Mutiara Timur tambahan relasi Banyuwangi-Yogyakarta," ujarnya.

PT KAI Daop 9, kata dia, menjalankan KA Mutiara Timur tambahan setiap hari hingga 8 Januari 2018 karena untuk mengantisipasi lonjakan penumpang libur Natal dan Tahun Baru yang bersamaan dengan liburan sekolah.

"Rute kereta tujuan Banyuwangi dan Yogyakarta banyak diminati masyarakat karena relasi KA Mutiara Timur tambahan itu menghubungkan dua kota wisata tersebut, sehingga diprediksi akan terjadi lonjakan selama liburan sekolah," katanya.

Dalam perjalanannya, KA Mutiara Timur tambahan akan berhenti di Stasiun Karangasem, Rogojampi, Kalisetail, Kalibaru, Kalisat, Jember, Rambipuji, Tanggul, Probolinggo, Sidoarjo, Surabaya Gubeng, Mojokerto, Jombang, Kertosono, Nganjuk, Madiun, Solo Balapan dan terakhir di Stasiun Lempuyangan Yogyakarta

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA