Jumat 22 Dec 2017 00:38 WIB

Ini Tantangan Mendidik Generasi Era Millenial

uhamka universitas muhammadiah Prof Dr HAMKA
Foto: dok.uhamka
uhamka universitas muhammadiah Prof Dr HAMKA

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Saat ini Indonesia sudah memasuki era millenial, jaringan internet ada di mana-mana. Diperlukan pendekatan khusus untuk mendidik mahasiswa era millenial.

Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (Uhamka) Suyatno mengatakan, dewasa ini Uhamka mengemban tugas mendidik generasi millenial dan pascamillenial yang memiliki karakter sangat akrab dengan media dan internet. Mereka juga terbuka terhadap ide dan gagasan orang lain.

"Namun di sisi lain mereka rawan memiliki potensi karakter negatif seperti kurang peka terhadap lingkungan sosial, pola hidup bebas, cenderung bersikap individualistik, kurang realistis, dan kurang bijak dalam menggunakan media. Kondisi ini merupakan tantangan tersendiri bagi Uhamka," ujarnya, Kamis (21/12).

Uhamka membuktikan diri mampu memberikan bimbingan melalui proses pembelajaran baik melalui kegiatan akademik dan non akademik sehingga mereka menjadi generasi milennial yang berilmu, berkualitas, berkemajuan, dan memberi manfaat bagi dirinya sendiri, keluarga, masyarakat, negara, dan agama.

"Dalam era disrupsi, kehadiran generasi millenial dan pascamillenial memiliki peluang untuk membuktikan kebenaran ajaran Islam yang universal.  Sebab perubahan bagi Islam adalah sebuah keniscayaan, dan daya kreativitas adalah cara untuk menyiasati, mengelola dan mengarahkan perubahan yang eksponensial ke arah yang lebih beradab, berbudaya, dan berkemajuan."

Uhamka, terang Suyatno, dengan segala potensinya siap membangun SDM Indonesia yang profesional dan agamis. Ini yang sejalan dengan azas negara, Pancasila.

Ia menambahkan, Uhamka Desember ini  mewisuda 3.087 orang dari jenjang magister, sarjana, dan ahli madya yang berasal dari 34 program studi dalam delapan fakultas dan sekolah pascasarjana.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement