Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Gubernur BI: Naiknya Rating Fitch Cerminan Keberhasilan RI

Kamis 21 Des 2017 11:33 WIB

Rep: Binti Sholikah/Idealisa Masyrafina/ Red: M.Iqbal

Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo menyampaikan sambutan saat peresmian Gerbang Pembayaran Nasional atau National Payment Gateway (NPG) di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Senin (4/12).

Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo menyampaikan sambutan saat peresmian Gerbang Pembayaran Nasional atau National Payment Gateway (NPG) di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Senin (4/12).

Foto: Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Bank Indonesia menyambut baik keputusan lembaga pemeringkat Fitch Ratings (Fitch) meningkatkan Republik Indonesia dari BBB-/positive outlook menjadi BBB/stable outlook pada 20 Desember 2017. 

Gubernur Bank Indonesia, Agus DW Martowardojo, menyatakan, peningkatan rating Fitch tersebut merupakan pencapaian yang sangat disambut baik. Karena level BBB merupakan level tertinggi peringkat rating yang pernah dicapai Indonesia sejak 1995.

"Pencapaian ini juga merupakan cerminan dari keberhasilan Indonesia dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan yang menjadi landasan bagi pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan," ujar Agus melalui siaran pers, Kamis (21/12). 

Agus menambahkan, ke depan, Bank Indonesia tetap berkomitmen untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif.

Fitch meningkatkan rating Republik Indonesia dari BBB-/positive outlook menjadi BBB/stable outlook pada 20 Desember 2017. Fitch sebelumnya mengafirmasi peringkat Indonesia pada level BBB-/positive outlook pada 20 Juli 2017.

Dalam siaran persnya, Fitch menyatakan terdapat dua faktor kunci yang mendukung keputusan tersebut. Pertama, menguatnya sektor eksternal yang didukung oleh kebijakan makroekonomi yang secara konsisten diarahkan untuk menjaga stabilitas. Faktor kedua, upaya sinergi pemerintah dalam reformasi struktural yang dianggap mampu meningkatkan iklim investasi, seperti tercermin dari meningkatnya peringkat kemudahan bisnis Indonesia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA