Kamis 21 Dec 2017 01:03 WIB

Empat Pengurus Cabor Belum Sampaikan Proposal Pelatnas

  Sesmenpora Gatot S Dewa Broto meberikan sambutan pada acara Rapat Koordinasi Akhir Tahun 2017 KOI di Jakarta, Ahad (3/12) malam
Foto: Republika/Prayogi
Sesmenpora Gatot S Dewa Broto meberikan sambutan pada acara Rapat Koordinasi Akhir Tahun 2017 KOI di Jakarta, Ahad (3/12) malam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Empat pengurus cabang olahraga yang akan mengikuti Asian Games 2018 belum menyampaikan proposal usulan program pemusatan latihan nasional (pelatnas) meski batas akhir pengajuan proposal telah lewat pada Jumat (15/12).

"Pengurus cabang gulat, golf, kabaddi, dan sepak bola atau PSSI belum menyampaikan proposal mereka. Tim kami akan memverifikasi kelayakan proposal yang diajukan," kata Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto di Jakarta, Rabu (20/12).

Gatot yang turut mengikuti pertemuan seluruh pengurus cabang olahraga dalam Asian Games ke-18 di Istana Wakil Presiden itu mengatakan, tim verifikasi proposal program pembinaan Asian Games dari cabang olahraga itu terdiri dari unsur Kemenpora dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

"Semestinya tim itu sudah bekerja pada Sabtu (16/12). Tapi pada Jumat (15/12), baru ada 22 proposal dari 40 cabang olahraga yang telah masuk dan sampai saat ini sudah 36 cabang olahraga yang menyerahkan proposal mereka," kata Gatot.

Gatot berharap tim verifikasi proposal program pembinaan cabang-cabang olahraga jelang Asian Games dapat bekerja pada Kamis (21/12).

Pertemuan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan pengurus cabang-cabang olahraga itu juga dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Wakil Ketua INASGOC Sjafrie Samsuddin, dan Ketua Umum KONI Tono Suratman.

"Pak Basuki mengatakan, lintasan Stadion Madya dan Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta sudah dapat dipakai jika cabang atletik ingin berlatih di sana," kata Gatot.

Kementerian PU-Pera, lanjut Gatot, menargetkan renovasi seluruh arena pertandingan olahraga di kawasan Gelora Bung Karno Jakarta akan selesai pada 31 Desember meskipun penataan kawasan GBK akan selesai pada Februari hingga Maret 2018.

"Menpora dalam rapat itu menyampaikan anggaran pembinaan bagi cabang-cabang olahraga jelang Asian Games sudah tersedia dan siap dicairkan mulai 1 Januari 2018 selain penyiapan bonus bagi peraih medali emas Asian Games," kata Gatot.

Setidaknya tiga pengurus cabang olahraga yaitu Persatuan Tinju Amatir Nasional (Pertina), PB Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI), dan Pengurus Angkat Berat dan Beban Seluruh Indonesia (PABBSI) mengharapkan program pelatnas bukan hanya kepada atlet-atlet yang akan mengikuti Asian Games 2018, melainkan juga bagi atlet-atlet pelapis. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement