Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Marissa Haque: Zikir Nasional Penyeimbang Umat Islam

Selasa 19 Dec 2017 15:15 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Agus Yulianto

Marissa Haque

Marissa Haque

Foto: dok. Pribadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Harian Republika kembali menggelar zikir nasional yang akan diadakan di Masjid At-Tin Jakarta Timur. Pada 2017, Dzikir Nasional akan digelar selama tiga hari, 29-31 Desember, dalam serangkaian acara yang dinamakan Festival Republik.

Festival Republik 2017 mengusung tema 'Perkuat Silaturahim untuk NKRI'. Adapun puncak Festival Republik adalah zikir nasional 2017 yang digelar pada Ahad (31/12) malam.

Kegiatan rutin yang dilaksanakan setahun sekali ini merupakan salah satu bentuk syiar dan dakwah. Ajang yang diadakan Harian Republika ini merupakan tempat bertemunya beberapa golongan yang saling menguatkan dalam bangsa Indonesia.

Zikir inil menjadi momentum untuk kembali menemukan makna diri kolektif sebagai khalifah Allah di muka bumi. Acara yang sudah digelar lebih dari 10 tahun ini sudah dianggap penting oleh masyarakat, mereka menganggapnya sebagai destinasi.

Menariknya, dalam kegiatan ini, turut dihadiri oleh beberapa menteri kabinet kerja, ulama Indonesia, selebriti hingga tokoh nasional dan politik. Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Marissa Grace Haque atau biasa disapa Marissa Haque memandang acara ini menjadi penyeimbang dengan tahun baru Islam.

"Kegiatan yang dilakukan Harian Republika ini bagus sekali, karena membaca zikir itu penting apalagi saat ini tanda-tanda akhir zaman sudah terlihat," ujarnya kepada Republika.co.id di Jakarta, Selasa (19/12).

Menurutnya, Republika menjadi media penyeimbang dengan media cetak lainnya. Apalagi sumber berita yang disajikan Republika selalu berkonten Islam yang moderat sehingga menjadi umat semakin solid. "Di rumah sudah ada Kompas, lalu Republika merupakan dua sumber yang bisa dilihat dari sisi berita lainnya," ucapnya.

Di sisi lain, dia menceritakan, arti hidup sederhana. Dalam resolusinya pada tahun depan, dia hanya ingin merampungkan sebuah buku bertajuk 'Halal'.

Sementara itu, pada zikir nasional 2017 ini, sejumlah tokoh sudah menyatakan kesediaannya untuk hadir. Di antaranya Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Pimpinan Ponpes Tebu Ireng dan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) KH Salahuddin Wahid, Pimpinan Majelis Dzikir Az-Zikra Ustaz HM Arifin Ilham, Wakil Sekjen MUI Pusat Ustaz Tengku Zulkarnain, dan imam muda Muzammil Hasballah.

Rangkaian acara Festival Republik 2017 yang mengusung tema'Perkuat Silaturahim untuk NKRI'. Festival Republik mencakup acara bazaar, cerdas tangkas 5 Pilar, talk show, donor darah, fun science, Republikustik dan door prize.

Sebelumnya, Majelis Zikir Az-Zikra pimpinan Ustaz H Muhammad Arifin Ilham dan Pengelola Masjid at-Tin, Jakarta, mendukung kegiatan zikir nasional yang diselenggarakan Harian Republika pada 31 Desember 2017 mendatang. Hal itu disampaikan Ustaz Yulianto dari Majelis Az-Zikra dan Ustaz Amirul Mustofa, pengelola Masjid At-Tin, pada acara silaturahim di kantor Republika, Selasa (12/12), Jakarta.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA