Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Bersaing dengan Tesla, Thor Punya Unit Truk Elektrik

Senin 18 Des 2017 05:37 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri

Thor ET-One

Thor ET-One

Foto: Mashable

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Truk Semi all-electric milik Tesla telah menjadi salah satu pencapaian besar tahun ini untuk pengangkutan barang, namun rig tersebut tidak akan diproduksi hingga 2019. Dan kini telah hadir pesaingnya di dunia truk masa depan, Thor Truck startup baru yang berbasis di Los Angeles.

 
Dilansir dari laman Mashable, Thor baru saja meluncurkan prototipenya, ET-One, serupa dengan Semi Tesla, diproyeksikan untuk memasuki jalan pada 2019. Rig itu langsung terlihat ibarat dari alam semesta Transformers, yang terlihat dari sebuah logo yang membangkitkan tanda Decepticon.
 
Thor mengklaim ET-One akan memiliki jangkauan hingga 300 mil yang terisi penuh dengan 40 ton barang. Truk ini dimaksudkan untuk perjalanan jarak pendek, dan perjalanan seharian.
 
Pilihan powertrain yang dirancang di perusahaan ini bervariasi dari 300 sampai 700 HP. Soal harganya mencapai 150 ribu USD (Rp 2 milyar), Thor menjanjikan biaya operasi yang lebih rendah jika dibandingkan dengan truk bertenaga diesel tradisional.
 
ET-One akan menghabiskan biaya 60 persen lebih sedikit per mil untuk pemeliharaan, dengan biaya bahan bakar 70 persen lebih rendah per mil, kata perusahaan itu. Tim Thor mengakui bahwa ia tidak ingin berhadapan langsung dengan raksasa Elon Musk, dan menyatakan kekagumannya terhadap Tesla dan saingannya, Nikola.
 
Sebaliknya, Thor akan membangun armadanya secara berbeda, mengabaikan teknologi otonom untuk bekerja dengan perusahaan yang ada di industri ini sebagai mitra, dan bukan pesaing penuh.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA