Thursday, 21 Zulhijjah 1440 / 22 August 2019

Thursday, 21 Zulhijjah 1440 / 22 August 2019

IBL Pertalite

SM Pertamina Sempurna di Puncak Divisi Merah

Ahad 17 Dec 2017 21:25 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah

Logo IBL Pertalite

Logo IBL Pertalite

Foto: iblindonesia.com

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Satria Muda (SM) Pertamina belum tersentuh kekalahan dari lima pertandingan yang dilakoni pada kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) Pertalite 2017/2018. Terbaru, tim asuhan Youbel Sondakh menaklukkan Garuda Bandung 85-61 (39-24) pada pertandingan penutup Seri 2 Bandung di GOR C'tra Arena, Ahad (17/12).

Hasil ini membuat SM Pertamina kokoh di puncak Divisi Merah dengan nilai sempurna 10 dari lima laga yang telah dimainkan. Garuda menempel di peringkat dua dengan nilai sembilan dari jumlah pertandingan yang sama.

Kemenangan telak SM Pertamina sedikit di luar perkiraan. Sebab Garuda diperkirakan akan bisa memberikan perlawanan sengit mengingat rekam jejak mereka pada empat gim sebelumnya. Terlebih, tim asuhan Andre Yuwadi tampil di hadapan publik Bandung.

Akan tetapi, permainan ketat hanya berlangsung pada awal kuarter pertama. Avan Saputra membuka angka pertama bagi SM pertamina, Surliyadin mebalwas dengan tembakan tiga angka. Center SM Pertamina, Dior Lowhorn kemudian mendominasi dengan mengemas sembilan angka secara beruntun. Kuarter ini berakhir 18-12 untuk SM Pertamina.

Kuarter dua dibuka oleh poin Kevin Bridgewaters. Garuda belum dapat mengimbangi permainan SM Pertamina. Defense ketat Hardianus Lakudu dkk membuat Garuda kembali hanya mencetak 12 poin. Sebaliknya Lowhorn cs menambah 21 poin dan membawa timnyaunggul 39-24 saat halftime.

Garuda membuka poin di kuarter tiga melalui jump shot Davin Mathew, serta layup, Surliyadin. Setelah mengambil time out, SM merespons dengan tembakan tiga angka Kevin Bridgewaters. Kuarter ini masih menjadi milik SM Pertamina yang memperlebar keunggulan menjadi 61-40.

Perang tembakan tiga angka mewarnai awal kuarter empat, Gunawan memulainya, kemudian diikuti Hardianus, dan Kevin Bridgewaters di kubu SM. Sedangkan dari Garuda, Surliyadin dan Guntara membalasnya. Tapi Garuda seolah tak punya jawaban untuk membendung serangan SM Pertamina yang kuat di bawah ring sekaligus tangguh dalam tembakan perimeter.

Melihat timnya sudah tertinggal jauh, Andre menarik pemain asingnya dan memasang para pemain lokal menjelang laga berakhir. Hal serupa dilakukan Youbel. Perubahan komposisi tak banyak mengubah permainan hingga berakhir.

Lowhorn mencetak angka 20 poin 12 rebound, diikuti Kevin Bridgewaters 13 poin, Arki Wisnu 11 poin dan 4 assist, serta Rizal Falconi 10 poin. Dari Garuda, Surliyadin mencetak 16 angka dan Flemings 12 poin.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA