Thursday, 8 Rabiul Akhir 1441 / 05 December 2019

Thursday, 8 Rabiul Akhir 1441 / 05 December 2019

Bupati Anna Yakini zakat Bisa Entaskan Kemiskinan

Jumat 15 Dec 2017 13:56 WIB

Red: Agus Yulianto

Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah menyerahkan Baznas di Kantor Kecamatan Haurgeulis.

Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah menyerahkan Baznas di Kantor Kecamatan Haurgeulis.

Foto: dok. Diskominfo Kabupaten Indramayu

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU - - Bupati Indramayu, Jawa Barat, Anna Sophanah meyakini zakat merupakan potensi besar umat Islam untuk memberantas kemiskinan, jika pengelolaannya dilakukan di Baznas.  "Manakala umat Islam sadar untuk mengeluarkan dan mempercayakan pengelolaan zakatnya kepada Baznas, saya yakin kemiskinan akan dapat teratasi. Manakala zakat dikelola dengan benar maka kesejahteraan umat Islam akan dapat terwujud," kata Bupati Anna, Jumat (15/12).

Dia mengatakan, sampai saat ini, perolehan ZIS dari masyarakat Kabupaten Indramayu setiap tahun selama ini selalu meningkat. Namun, perolehan tersebut masih jauh dari potensi zakat infaq shadaqoh yang ada di masyarakat.

Hal tersebut disebabkan keyakinan masyarakat terhadap kewajiban membayar zakat masih sangat kurang. Selain itu, masih ada ketidakpercayaan dari masyarakat terhadap Baznas.

Bupati juga menekankan agar Baznas Kabupaten Indramayu lebih aktif dan inovatif dalam memberikan sosialisasi untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat mengeluarkan zakat infaq shodaqoh serta menerapkan prinsip transparansi dalam manajemennya. "Agar pengelolaan dana zakat infaq shodaqoh bisa lebih baik, lebih amanah, lebih proffesional serta lebih akuntabel untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan khususnya umat Islam Kabupaten Indramayu," tuturnya.

Sementara Arif Ramdani dari Baznas Provinsi Jawa Barat mengatakan, saat ini isu zakat bukan hanya suatu kewajiban, tapi sudah beralih pada isyu ekonomi dan kesejahteraan rakyat. "Baznas Kabupaten Indramayu salah satu BAZ yang cukup berprestasi di Jawa Barat karena mampu menggali dana zakat dan menyalurkannya sesuai dengan peruntukan seperti yang telah ditentukan," katanya.







sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA