Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Friday, 10 Syawwal 1445 / 19 April 2024

Ketua MPR Dukung PT DI Perkuat Produksi Pesawat dalam Negeri

Senin 11 Dec 2017 19:15 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Dwi Murdaningsih

Miniatur Pesawat N219 di hanggar PT Dirgantara Indonesia (PT DI) Kota Bandung.

Miniatur Pesawat N219 di hanggar PT Dirgantara Indonesia (PT DI) Kota Bandung.

Foto: Republika/Edi Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Penerbangan menjadi industri strategis yang menghubungkan satu daerah dengan daerah lainnya di Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan dalam kunjungan kerja ke PT Dirgantara Indonesia (PTDI) di Bandung pada Senin (11/12).

Untuk itu Zulkifli menegaskan perlunya dukungan untuk mengembangkan industri penerbangan Tanah Air. Menurutnya, pemerintah harus memberi perhatian dan keberpihakan khusus pada industri stategis ini. "Kita semua harus mendukung industri penerbangan strategis dalam negeri, agar bisa bersaing dan menghasilkan produk berkualitas," kata Zulkifli.

Sebagai bentuk dukungan nyata, Zulkifli mengatakan bahwa pemerintah harus memanfaatkan pesawat buatan PTDI. Ia menambahkan bawa TNI, Polri, dan BUMN harus menjadi konsumen dari PTDI.

"Penerbangan-penerbangan jarak pendek, sebaiknya juga memanfaatkan pesawat hasil Dirgantara Indonesia, tidak harus selalu memakai produk luar negeri," ujarnya.

Pada kunjungan kerja ke PTDI, Zulkifli bersama rombongan pimpinan MPR, juga berkesempatan melihat dari dekat hanggar perakitan dan perawatan pesawat. Di sana ia juga melihat langsung perawatan N219, pesawat terbaru PTDI yang keseluruhannya dibuat oleh putra-putri Indonesia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler