Thursday, 14 Safar 1442 / 01 October 2020

Thursday, 14 Safar 1442 / 01 October 2020

Mengenal Teknologi Hijau di Pabrik Semen

Jumat 13 Oct 2017 13:00 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Dwi Murdaningsih

Pabrik Semen Indarung VI yang akan diresmikan Presiden Jokowi, pekan depan.

Pabrik Semen Indarung VI yang akan diresmikan Presiden Jokowi, pekan depan.

Foto: republika/sapto andika

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Penerpan teknologi hijau menjadi salah satu prinsip yang harus dipenuhi agar perusahaan bisa dikelola secara berkelanjutan. Begitu pula di pabrik semen Indarung VI di Padang, milik perusahaan Semen Indonesia.

Kabiro Humas PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati menjelaskan pabrik semen Indarung VI menerapkan prinsip Green Industry. Menurut dia, ada beberapa konsep yang dijalankan melalui prinsip industri hijau ini.

Ada beberapa aspek yang dilakukan perseroan untuk mewujudkan Green Industri. Salah satu yang diandalkan yakni dari sisi teknologi yang ramah lingkungan. Pabrik semen yang rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo ini menggunakan peralatan canggih dan hemat energi. Manajemen air dibuat sehingga memungkinkan penggunaan kembali air buangan dari proses produksi semen.
 
Indarung VI juga menjalankan pengendalian emisi atau gas buang yang lebih bersih, yakni penggunaan alat penangkap debu yang canggih. Produksi semen di pabrik terbaru Semen Padang ini juga memanfaatkan bahan bakar alternatif dan material mentah.
 
"Sementara untuk limbah, kami beroperasi sesuai Sistem Manajemen Semen Padang yang mengacu ISO 14001. Indarung VI juga memiliki area hijau," kata Anita, belum lama ini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA