Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Gelaran Expo akan Warnai Hut Kabupaten Purbalingga

Ahad 10 Dec 2017 17:06 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Hazliansyah

Kabupaten Purbalingga

Kabupaten Purbalingga

Foto: .

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Peringatan Hari Jadi ke 187 Kabupaten Purbalingga pada tahun 2017 ini akan lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal ini karena Pemkab akan menggelar beberapa kegiatan yang melibatkan masyarakat. Antara lain kegiatan Purbalingga Expo yang digelar Bapelitbangda Purbalingga dan Purbalingga Vaganza.

Kepala Bapelitbangda Kusmartadi menyebutkan, HUT Purbalingga akan digelar di lapangan parkir Stadion Goentoer Daryono 14-17 Desember 2017.

"Dalam acara ini akan ada 104 stand yang didirikan oleh 29 OPD, 18 stand Kecamatan, tujuh stand BUMD, sembilan stand instansi vertikal, tujuh stand Forkompimda, delapan Stand Organisasi Kemasyarakatan, delapan stand pendidikan, empat stand pariwisata, tujuh stand UMKM dan 10 stand komunitas," jelasnya, Sabtu (9/12).

Menurutnya, tujuan diadakannya Expo untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai oleh Purbalingga. Termasuk dalam hal inovasi layanan publik yang telah dilakukan Pemkab Purbalingga.

"Expo ini juga bisa menjadi ruang promosi bagi produk lokal sehingga akan mendorong berkembangnya sektor industri dan desain produk kreatif di Kabupaten Purbalingga, yang pada akhinrya akan meningkatkan nilai tambah dan kesejahteraan IKM industri kreatif," katanya.

Secara keseluruhan, jelas Kusmartadi, ada tiga unsur yang akan ditampilkan dalam Purbalingga Expo. Antara lain, pemerataan dan kemajuan pembangunan yang sudah dicapai Purbalingga, potensi produk unggulan daerah, serta pameran hasil kreasi, inovasi iptek.

Sedangkan untuk kegiatan Purbalingga Vaganza, rencananya akan digelar Sabtu (16/12). Dalam acara itu, akan digelar pawai pembangunan keliling kota Purbalingga dengan panggung utama di sisi selatan Alun-alun Kota Purbalingga.

Sekda Purbalingga Wahyu Kontardi, mengatakan penyelenggaraan Purbalingga Vaganza dimaksudkan sebagai wahana apresiasi, ekspresi, dan ekspektasi karya nyata putra putri terbaik Kabupaten Purbalingga. "Setidaknya ada 30 kelompok peserta yang melakukan pawai," jelasnya.

Sekda juga menyatakan, selain Purbalingga Vaganza, juga akan digelar berbagai kegiatan hiburan. Antara lain Festival Kentongan, festival tumpeng, Saturday Night Car, Banyumas Audio Expo, Dangdut Arista, Pentas Ebiet G Ade, dan pawai budaya.

"Puncak peringatan Hari Jadi akan digelar kegiatan Pahargyan Ageng akan digelar di Pendopo Dipoksumo 18 Desember," katanya.

Wahyu juga menyebutkan, bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Purbalingga, akan dilakukan Ground Breaking pembangunan bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS) di Wirasaba, Kecamatan Bukateja.

"Groundbreaking ini menjadi salah satu momen bersejarah pembangunan di Purbalingga," katanya.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA