Friday, 6 Syawwal 1441 / 29 May 2020

Friday, 6 Syawwal 1441 / 29 May 2020

Klopp Waspadai Pengaruh Big Sam di Skuat Everton

Sabtu 09 Dec 2017 13:52 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto

Juergen Klopp

Juergen Klopp

Foto: EPA-EFE/RAUL CARO

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Duel dua tim sarat sejarah bakal tersaji pada lanjutan Liga Primer Inggris pekan ke-16. Tuan rumah Liverpool yang sedang mempertahankan tren positif akan menjamu rival sekota Everton di Stadion Anfield, Ahad (10/12) malam WIB.

Laga ini sekaligus menjadi laga debut juru taktik Everton Sam Allardyce di Derby Merseyside.

Philippe Coutinho dan kolega berada dalam performa on fire. Setelah ditahan imbang Chelsea pada 26 November 2017, pasukan Juergen Klopp langsung menunjukkan respon positif dengan melibas lawan-lawannya, Stoke City, Brighton & Hove Albion di pentas Liga Primer.

Terbaru, Si Merah sukses mempecudangi Spartak Moscow dengan skor telak 7-0 pada pertandingan terakhir fase grup Liga Champions tengah pekan kemarin. Untuk itu, the Kop bertekad menjaga momentum positif ini selama mungkin sekaligus ingin mempertegas dominasi di kota Merseyside.

Respon yang ditunjukan the Anfield Gank membuat Liverpool lebih diunggulkan daripada rival sekotanya. Jugador asal kota pelabuhan saat ini duduk di posisi keempat dengan total raihan 29 angka dari 15 laga, sedangkan Everton masih tercecer di urutan kesepuluh.

Meski demikian, Juergen Klopp tetap waspada pada ancaman yang bisa dihadirkan pasukan Big Sam. Sebab Big Sam, pelatih asal Inggris, tersebut pernah menaklukkan Liverpool dengan skor 2-1 ketika masih menangani Crystal Palace musim 2016/2017.

"Semua tim besutan Sam Allardyce selalu sulit untuk dilawan. Saya pernah menghadapi dirinya di tiga klub berbeda dan saya baru dua tahun bersama Liverpool. Di setiap klub, Allardyce mampu bekerja dengan baik," kata Klopp, pelatih berpaspor Jerman, dilansir laman resmi klub, Sabtu (9/12).

Kedatangan Big Sam di Goodison Park tentu menghadirkan energi berbeda dari sebelumnya, pada debut kepelatihannya bersama the Toffees, mantan pelatih the Three Lions sukses memetik tiga poin atas Huddersfield.

"Tidak ada yang meragukan kekuatan Everton. Mereka gagal mendapat hasil memuaskan, namun langsung melakukan perubahan. Semua orang tahu bagaimana dirinya (Allardyce) melatih, ini suatu tantangan bagi kami dan kami harus siap menghadapi tantangan berat itu," sambung Klopp.

Meski demikian segudang bekal telah dibawa Si Bangau jelang pertandingan ini. Klopp lantas menyadari apabila Liverpool sedang berada dalam kondisi terbaik. "Liverpool sedang mengalami momen bagus dan kami belajar dari pengalaman. Kami harus terus bekerja keras untuk bisa memenangkan pertandingan."

Sementara rekor kedua tim lebih berpihak kepada Liverpool, klub yang sukses mengoleksi lima gelar Liga Champions itu tidak pernah terkalahkan dalam 19 laga kandang terakhir melawan Everton di seluruh kompetisi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA