Rabu 29 Nov 2017 10:55 WIB

Test Event Asian Games Basket 3x3 Diikuti 5 Negara

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Logo Asian Games 2018
Logo Asian Games 2018

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Sebanyak lima negara baik di kelompok putra maupun putri akan mengikuti ajang Test Event Asian Games 2018 cabang basket nomor 3x3. Acara yang digelar PP Perbasi bekerja sama dengan INASGOC ini berlangsung pada 1-2 Desember 2017 di Center Court GBK (dulu Tenis Outdoor).

"Kami akan menggelar test event yang bertajuk 3x3 Asia Challenge ini di tempat yang nanti menjadi event Asian Games 2018," ujar Anthony Gunawan, competition manager 3x3 AsianGames 2018, dalam rilis yang diteria Republika.co.id, Selasa (28/11) malam.

Lapangan, kata Anthony, sudah siap digunakan. Namun, infrastruktur belum selesai. "Saya berharap penggemar bola basket 3x3 datang ke lapangan. Penonton silakan datang sebab tidak perlu membayar karcis alias gratis," jelas ketua sub bidang 3x3 PP Perbasi ini.

Semula, ada enam negara yang akan hadir di test event 3x3. Negara itu adalah Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Mongolia, dan SriLanka. Namun, Selasa (28/11) malam, Mongolia mengonfirmasi batal tampil. "Mereka mundur," ucap Anthony. Sedangkan putri ada empat negara, yakni Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Malaysia.

Tim Indonesia akan diwakili oleh skuat muda dari kampus UPH (Rivaldo Pangesthio dan ERICK Gosal). Dua skuat lagi adalah Reza Fahdani Guntara dan Danny Ray, keduanya pemain dari BJB Garuda Bandung. Untuk sementara, tim putra dilatih Fandi Andika Ramadhani.

Sedangkan untuk putri, terdiri dari Agustin Gradita Retong, Dewa Ayu Made Sriartha, dari klub Merpati Bali. Sedangkan dua lagi adalah Lea Elvensia Kahol dan Jovita Elizabeth. Keduanya pebasket Surabaya Fever. Pelatih tim putri adalah Tri Hartanto.

"Kami harapkan event 3x3 Asia Challenge 2017 ini mendekati situasi di Asian Games nanti. Kami juga berharap berprestasi di tes event ini," kata Anthony.

Tim putra dan putri akan dipimpin manajer Maulana Fareza Tamrella (Mocha). Sang manajer menargetkan bisa mendapat emas untuk kedua tim itu. "Kami berharap putra dan putri bisa sampai ke babak final. Untuk target, Indonesia bisa mendapat medali emas," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement