Wednesday, 13 Safar 1442 / 30 September 2020

Wednesday, 13 Safar 1442 / 30 September 2020

Korsel Kian Cemaskan Uji Coba Rudal Korut

Rabu 29 Nov 2017 10:40 WIB

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Budi Raharjo

Uji coba rudal balistik yang dilengkapi dengan sistem panduan presisi, di lokasi yang dirahasiakan di Utara Korea.

Uji coba rudal balistik yang dilengkapi dengan sistem panduan presisi, di lokasi yang dirahasiakan di Utara Korea.

Foto: EPA / KCNA

REPUBLIKA.CO.ID,SEOUL -- Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, menilai Korea Utara semakin meningkatkan kapasitas teknologi persenjataan nuklir belakangan ini. Hal itu disampaikannya melalui sambungan telepon kepada Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Demikian dilansir Reuters, Rabu (29/11).

AS dan Korsel terus menekan Korea Utara, utamanya melalui pembicaraan dengan Cina, untuk menghentikan provokasi. Pada Selasa (28/11) lalu, Korut melakukan uji coba dengan meluncurkan rudal yang dapat melintas ke luar benua Asia. Rudal tersebut jatuh ke perairan yang berdekatan dengan wilayah Korsel.

Presiden Trump telah memasukkan Korea Utara ke dalam daftar negara-negara yang dinilai mendukung terorisme. Peluncuran rudal pada Selasa lalu itu dinilai menunjukkan peningkatan kemampuan persenjataan Korut. Hal itu diakui menteri pertahanan AS, Jim Mattis, seperti dilansir New York Times, hari ini.

Rudal tersebut diluncurkan dari wilayah di timur-laut Ibu Kota Korut, Pyongyang. Senjata hasil olah reaksi nuklir itu kemudian jatuh di Laut Jepang.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA