Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Shamsi Ali: Sebentar Lagi AS akan Punya Pesantren

Rabu 29 Nov 2017 04:16 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Agus Yulianto

Imam Besar Islamic Culture Center of New York, asal Bulukumba, Sulawesi Selatan, Shamsi Ali

Imam Besar Islamic Culture Center of New York, asal Bulukumba, Sulawesi Selatan, Shamsi Ali

Foto: ROL/Fakhtar Khairon Lubis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Nusantara Foundation Imam Shamsi Ali mengatakan, pekan ini, pihaknya akan menandatangani kesepakatan pembelian lahan di kota Moodus, Connecticut, Amerika Serikat (AS). Lahan ini nantinya akan menjadi tempat berdirinya Pondok Nusantara Madani, yakni pesantren pertama di AS.

"Jika semua berjalan lancar, penandatanganan pembelian lahan ini akan dilakukan pada Kamis (30/11)," kata Imam Shamsi Ali kepada Republika.co.id, Rabu (29/11).

Kendati demikian, pembelian lahan ini tidak dilakukan sekaligus atau tunai. Untuk pembayaran pertama, Imam Shamsi Ali telah menyiapkan dana sebesar 350 ribu dolar AS. "Untuk pelunasan akan dilakukan selama dua tahun ke depan. Keseluruhan dana yang diperlukan untuk pembelian ini sekitar 1 juta dolar AS," ungkap tokoh yang juga mantan imam besar Masjid New York ini.

Nantinya, kepemilikan atas lahan tersebut dipegang Nusantara Foundation sebagai institusi yang terdaftar di AS. "Pesantren juga akan tetap berada di bawah Nusantara walaupun namanya nanti bisa saja berubah," kata Imam Shamsi Ali menerangkan.

Kendati akan segera membeli lahan, namun proses pembangunan Pondok Nusantara Madani tak akan langsung dilakukan. Sementara ini, Imam Shamsi Ali akan merenovasi bangunan yang masih berdiri di atas lahan tersebut. "Empat bangunan di antaranya masih bisa dimanfaatkan. Tapi untuk pembangunan jangka panjang, diperlukan dana yang tidak kecil," ungkapnya.

Ia mengaku, pendirian Pondok Nusantara Madani telah dicita-citakan sejak lama. Kehadiran pesantren ini dinilai akan membantu masyarakat AS memahami Islam.

Selain itu, tujuan lain dari dibangunnya pesantren ini adalah untuk menjadi percontohan pendidikan Islam berkarakter Indonesia. Islam di Indonesia, kata Imam Shamsi Ali, tidak bisa dilepaskan dari kehadiran dan peranan pesantren.

"Maka pesantren ini (Pondok Nusantara Madani) nantinya akan menjadi kontribusi nyata Indonesia bagi pengembangan Islam yang rahmatan lil-alamin di AS," ucapnya.

Oleh sebab itu, Imam Shamsi Ali akan sangat terbuka bila umat Muslim di Indonesia ingin berpartisipasi dalam pembangunan Pondok Nusantara Madani. "Bagi mereka yang ingin mengambil bagian, dapat menghubungi kami di nusantara.foundation@yahoo.com," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA