Selasa 28 Nov 2017 09:35 WIB

Mahasiswa UMY Wakili Indonesia di Young ASEAN Leaders

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih
Gedung Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Foto: umy.ac.id
Gedung Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Muhammad Rizal Saanun terpilih mewakili Indonesia di CIMB Young ASEAN Leaders (CYAL) 2017. Mahasiswa International Program of International Relations Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 2014 itu terpilih untuk berangkat langsung ke Kuala Lumpur.

Rizal mengatakan, ia terpilih setelah melalui seleksi yang cukup panjang dan ketat. Mulai registrasi, seleksi berkas, sampai seleksi wawancara yang dilakukan CIMB Young ASEAN Leaders melalui Skype. Ia menilai, program ini termasuk salah satu yang sangat bergengsi karena pesaingnya lebih dari 1.000 orang dari ASEAN.
 
Sedangkan kuota yang disediakan hanya 100 orang. Karenanya, ia mengaku sangat bangga bisa jadi bagian kegiatan tersebut, karena selain mendapatkan beasiswa penuh, program ini selaras bidang ilmu yang ditekuninya yakni SDG's dan pemahaman lintas budaya.
 
"Serta Sharing Economy Beyond Boundaries (SEB2) yang telah dibahas sebelumnya di beberapa literatur ilmu hubungan internasional," kata Rizal melalui pers rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (28/11).
 
CYAL berlangsung 2-7 Desember 2017, bekerjasama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia. Tujuannya, untuk mendukung pertukaran pengalaman belajar dan lintas budaya antara pemimpin muda ASEAN, dan kegiatannya diproyeksikan mengangkat kualitas hidup warga negara ASEAN.
 
Selain itu, kegiatan ini akan mempromosikan pembangunan berkelanjutan untuk membangun pondasi yang kuat, dari pemahaman yang lebih besar, bertetangga baik dan rasa tanggung jawab bersama. Tahun ini, CYAL fokus kepada tema besar yaitu the Thematic Area of Sharing Economy Beyond Boundaries.
 
"Di mana telah memberikan pemahaman serta keterlibatan para pemuda ASEAN terhadap hal-hal yang berkaitan dengan Sharing Economy Beyound Boundaries," ujar Rizal.
 
Rizal sendiri telah mengukir prestasi lain yaitu Verbal Commendation Diponegoro International Model United Nations, Secretary-General Asia Youth International Model United Nations, Best Delegate of UNESCO Council Little Circle Foundation Bali International Model United Nation dan Most Outstanding Delegate OCI Council di Java Model UN.
 
Ia akan kembali mewakili Indonesia dalam Asia-Europe Meeting Spin Off yang diselenggarakan Asia-Europe Foundation di Singapura pada Desember mendatang. Rizal akan pula jadi Chair of Education Committee dalam Young Diversity and Inclusion Youth Conference di Malaysia pada Maret 2018.
 
Sebagai motivasi, ia berpesan kepada mahasiswa lain untuk terus semangat dalam meraih impian dan prestasi. Rizal berharap, mahasiswa-mahasiswa tidak pernah berhenti untuk terus mengasah kemampuan diri, sehingga harus terus belajar dan mengasah semangat yang dimiliki masing-masing.

"Karena yang paling penting yakin dan percaya kalau orang punya kemampuan dan jatah sukses dari hasil kerja kerasnya, serta pergunakanlah waktu sebaik mungkin untuk menggapai cita-cita dan terus berprestasi," kata Rizal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement