Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Black Friday Amazon Bantu Dongkrak Kekayaan Bezos

Senin 27 Nov 2017 17:23 WIB

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Budi Raharjo

Pengembangan layanan toko kelontong Amazon (Ilustrasi)

Pengembangan layanan toko kelontong Amazon (Ilustrasi)

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID,NEW YORK -- Kesuksesan hari belanja daring murah Black Friday di Amazon membuat CEO Amazon Jeff Bezos masuk jajaran miliarder dengan kekayaan bersih di atas 100 miliar dolar AS sejak era dot-com boom. Berdasarkan data FactSet, pendapatan dari Black Friday mendorong valuasi Amazon mencapai 93 miliar dolar AS.

Bila menghitung Amazon dan investasi lain secara agregat, Bloomberg Billionaires Index menaksir kekayaan Bezos telah melebihi 100 miliar dolar AS, demikian dilansir Market Watch. Catatan ini merupakan yang pertama dilampuai setelah Microsoft Corp yang didirikan Bill Gates juga mencapai peringkat ini pada 1999. Selain Amazon, Bezos juga memiliki saham di perusahaan roket Blue Origin dan The Washington Post.

Black Friday merupakan tambang lain bagi kanal jual beli daring pimpinan Bezos itu. Kepala analis teknologi BGH Insights Daniel Ives memperkirakan, Amazon berhasil meraih 45-50 persen transaksi selama musim liburan ini.

Ives memprediksi penjualan Black Friday tahun ini meningkat 18 persen dibandingkan tahun lalu. Analisis itu tidak jauh berbeda dengan yang dilakukan Adobe Analytics.

Salah satu alasan Amazon tetap berhasil meraih transaksi cukup besar di luar AS karena program Prime yang mereka tawarkan kepada konsumen loyal. Program ini menawarkan bebas biaya pengiriman untuk sejumlah barang. Ives menyatakan, timnya memprediksi belanja anggota program Prime meningkat 20-25 persen pada musim liburan ini dibanding musim liburan tahun lalu.

Ives memprediksi, Amazon menargetkan rata-rata belanja sebesar 1.270 dolar AS. Empat puluh tiga dari 47 analis yang menangani Amazon memberi catatan positif dan memprediksi Amazon menargetkan rata-rata belanja konsumennya mencapai 1.252,95 dolar AS.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA