Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

ASDP dan PT Inti Kembangkan Ticketing Modern

Senin 27 Nov 2017 13:24 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

  Sejumlah pemudik bersepeda motor antre memasuki kapal ferry di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Kamis (16/8).

Sejumlah pemudik bersepeda motor antre memasuki kapal ferry di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Kamis (16/8).

Foto: Nyoman Budhiana/Antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) alias INTI menjalin kerja sama strategis dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Keduanya bersepakat untuk melakukan sinergi pengembangan modernisasi ticketing di lingkungan ASDP melalui penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MOU) yang digelar Senin (27/11).

“Tujuan besarnya untuk mendapatkan efisiensi dan pertumbuhan bisnis perusahaan melalui kerja sama yang saling menguntungkan,” ungkap Direktur Utama PT INTI (Persero) Darman Mappangara berdasarkan rilis yang diterima Republika.co.id.

MOU yang ditandatangani Direktur Utama PT INTI Darman Mappangara serta Direktur Utama PT ASDP Faik Fahmi ini merupakan langkah awal peningkatan sinergi kedua belah melalui optimalisasi sumber daya yang dimiliki masing-masing pihak dalam rangka sinergi badan usaha milik negara (BUMN). Rencananya, kerja sama akan mencakup sinergi bidang industri telekomunikasi, elektronika, informatika, kelistrikan, dan energi. Selain itu, kedua belah pihak menyepakati sinergi bentuk lainnya yang relevan bagi kedua pelat merah ini.

Dalam kerja sama ini, PT INTI menyediakan perangkat M-POS untuk e-ticketing PT ASDP yang memiliki kelebihan dalam perangkat terintegrasi atau All-In-One Embedded yang meliputi smartphone, mobile printer, e-KTP Reader, dan fingerprint. Selain itu, kedua belah pihak sepakat untuk melakukan kerja sama pemanfaatan layanan INTIPay atau alat bantu pembayaran tunai dan non tunai yang terintegrasi dengan aplikasi pencatatan penjualan serta verifikasi kartu identitas elektronik sebagai media alternatif pembayaran dalam pembelian tiket ferry.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi menyatakan apresiasi atas kerja sama dengan PT INTI terkait modernisasi sistem ticketing di lingkungan ASDP. Menurut dia, selain dapat meningkatkan performa bisnis dan memberikan keuntungan bagi kedua perusahaan, kerja sama layanan dalam transaksi e-ticketing ini akan semakin memudahkan pengguna jasa saat membeli tiket ferry.

“Ini sinergi yang sangat positif. Kerja sama ini juga sebagai wujud komitmen kami dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa dengan memodernisasi transaksi pembelian, sehingga semakin memudahkan pengguna jasa dalam membeli tiket ferry,” tuturnya.

Diungkapkan, dengan adanya perangkat terintegrasi layanan transaksi tiket akan lebih praktis, manifest penumpang lebih akurat karena langsung membaca data dari e-KTP, dan layanan pembayaran INTIPay mendukung rencana PT ASDP dalam penerapan transaksi non tunai dalam pembayaran tiket.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA