Sunday, 17 Zulhijjah 1440 / 18 August 2019

Sunday, 17 Zulhijjah 1440 / 18 August 2019

Mendikbud: Guru Harus Selalu Jadi Sumber Keteladanan

Sabtu 25 Nov 2017 08:45 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nidia Zuraya

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy

Foto: ROL/Abdul Kodir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhajdir Effendy menekankan, para guru agar selalu menjadi sumber keteladanan bagi peserta didiknya. Dengan keteladanan, guru dipastikan mampu membangun karakter siswa yang sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 tahun 2017 tentang pengaturan pendidikan karakter.

"Tema hari guru kali ini adalah Membangun Karakter melalui Keteladanan Guru, yang tentunya sejalan dengan amanat Perpres 87/2017 bahwa guru adalah satuan-satuan utama yang berperan dalam pendidikan," ungkap Muhadjir saat berpidato pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2017, di Kompleks Kemendikbud, Senayan, Jakarta Pusat pada Sabtu (25/11).

Selain itu, Muhadjir berpesan agar guru dan tenaga kependidikan harus mampu bekerja sama dengan satuan pendidikan dan masyarakat untuk mengobarkan gerakan nasional revolusi mental. Dengan begitu, penguatan pendidikan karakter pun akan lebih segera terwujud.

"Mereka (guru) juga memilki tanggung jawab untuk membentuk karakter peserta didik, memlalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir dan olah raga," kata Muhadjir menjelaskan.

Muhadjir menegaskan, urgensi penguatan karakter begitu mendesak seiring tantangan berat yang akan kita hadapi di masa-masa yang akan datang. Peserta didik saat ini adalah calon generasi emas tahun 2045 yang harus memiliki bekal Pancasila yang baik, guna mengalami dinamika perubahan yang cepat dan tidak terduga.

Karena itu, Muhadjir menekankan, pentingnya semua lapisan masyakarat, organisasi sosial, dan sosial keagamaan untuk mendukung guru-guru dalam mewujudkan peserta didik yang cerdas dan berkarakter.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA