Selasa 21 Nov 2017 17:09 WIB

Mufti Rusia Siap Promosikan Wisata Halal Indonesia

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal Kemenpar, Riyanto Sofyan (kiri) dan Ketua Badan Pelaksana Dewan Mufti Rusia, Rushan Abbyasov.
Foto: Dok Kemenpar
Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal Kemenpar, Riyanto Sofyan (kiri) dan Ketua Badan Pelaksana Dewan Mufti Rusia, Rushan Abbyasov.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Mufti Rusia menyatakan siap mempromosikan wisata halal Indonesia. Hal itu dikemukakan oleh Ketua Badan Pelaksana Dewan Mufti Rusia, Rushan Abbyasov saat bertemu dengan Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal Kemenpar Riyanto Sofyan di ajang Moscow Halal Expo 2017 di Moskow, Rusia, Kamis (16/11).

Riyanto mengatakan, pertemuan dengan Ketua Badan Pelaksana Dewan Mufti Rusia itu  antara lain membicarakan  peluang kerja sama pengembangan halal tourism (pariwisata halal) antara pelaku industri pariwisata dari kedua negara. Rasa kedekatan umat Muslim Rusia dan umat Muslim Indonesia, telah tumbuh sejak kunjungan Presiden Pertama Soekarno sekitar tahun 1960-an. Bumnh Karno  menghadiahkan beroperasinya Masjid Soekarno di St Petersburg bagi umat Muslim Rusia.

“Karenanya Dewan Mufti Rusia dengan gembira menyambut usulan kerja sama ini. Mereka menyatakan siap mempromosikan Indonesia kepada Muslim Rusia. Bukan hanya destinasi Bali yang sudah sangat dikenal di Rusia juga destinasi dan paket wisata halal lainnya,” kata Riyanto kepada Republika.co.id, Selasa (21/11).

Riyanto menambahkan, Moscow Halal Expo merupakan pameran produk halal tahunan yang diselenggarakan sejak 2010 di bawah pengawasan Dewan Mufti Rusia dan Kadin Rusia didukung pemerintah Rusia.

Moscow Halal Expo digelar 16-18 November 2017. Pameran kali ini diikuti 12 negara antara lain Amerika Serikat, Arab Saudi, Azerbaijan, Brunei Darussalam, Indonesia, Korea Selatan, Malaysia, Mesir, Turki, Rusia, Suriah, dan Uzbekistan. “Selain itu, hadir pula pelaku bisnis dan delegasi dari sejumlah negara lainnya,” tutur Riyanto yang hadir pada pembukaan pameran tersebut sekaligus memerikan presentasi mengenai pesona pariwisata halal Indonesia.

Partisipasi Indonesia pada Moscow Halal Expo kerja sama KBRI Moskow, dengan Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal Kempar dan Direktorat Eropa III Kementerian Luar Negeri. Selain berbagai destinasi wisata Indonesia dalam paket pariwisata halal, juga dipromosikan berbagai produk makanan halal berupa makanan kemasan, rempah-rempah, kopi, teh, mie instant, snacks, dan produk makanan lainnya dari PT Arsari Peduli Indonesia, PT Trigaluh Berjaya dan Pengelola Paviliun Indonesia di Food City Moscow.

Selama pameran, banyak pelaku bisnis Rusia yang mengunjungi stan Indonesia menjajaki peluang kerja sama, seperti pembelian atau pemasaran produk halal Indonesia di Rusia. Selain itu, Dewan Mufti Rusia juga mendukung pengembangan kerja sama pariwisata halal kedua negara.

Riyanto menyebutkan, destinasi pariwisata halal Indonesia yang dipromosikan kepada masyarakat Rusia antara lain Sail Sabang dan Rapai Festival di Aceh, wisata belanja, dan objek wisata Kepulauan Seribu di Jakarta, serta perjalanan ke pantai halal pertama di Indonesia yang terdapat di Banyuwangi, Jawa Timur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement