Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Sediakan Kartu Tanda Anggota Serbaguna, Iluni UI Gandeng BNI

Senin 20 Nov 2017 19:01 WIB

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Budi Raharjo

Direktur Hubungan Kelembagaan & Transaksional Perbankan BNI Adi Sulistyowati (kanan), Ketua Umum Ikatan Alumni (Iluni) Universitas Indonesia Arief B Hardono (kedua kanan), Bendahara Iluni UI Didit Ratam (kiri), dan Sekjen Iluni UI Andre Rahardian (kedua kiri) saat acara penandatangan kerjasama penerbitan Kartu Tanda Anggota di Jakarta, Senin (20/11).

Direktur Hubungan Kelembagaan & Transaksional Perbankan BNI Adi Sulistyowati (kanan), Ketua Umum Ikatan Alumni (Iluni) Universitas Indonesia Arief B Hardono (kedua kanan), Bendahara Iluni UI Didit Ratam (kiri), dan Sekjen Iluni UI Andre Rahardian (kedua kiri) saat acara penandatangan kerjasama penerbitan Kartu Tanda Anggota di Jakarta, Senin (20/11).

Foto: Yasin Habibi/ Republika

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) menggandeng PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) untuk menerbitkan kartu tanda anggota (KTA) baru yang memiliki fungsi lebih banyak. Kartu combo itu diberi nama Kartu Iluni UI.

Tidak hanya menjadi kartu identitas keanggotaan ILUNI UI, kartu tersebut juga bisa digunakan sebagai kartu Debit yang bisa digunakan untuk bertransaksi. Bahkan bisa dimanfaatkan pula sebagai uang elektronik atau BNI TapCash.

Ketua Umum Iluni UI Arief B Hardono mengatakan, Iluni UI adalah wadah bagi alumni UI yang sudah secara langsung menjadi bagian anggota keluarga besar semenjak lulus kuliah. Kali ini KTA Iluni UI diluncurkan kembali dengan fitur baru lebih lengkap.

"Kami berharap ini dapat menjadi satu diantara benefit yang mampu memuaskan para Alumni UI. Dengan begitu kartu ini dapat menjawab keinginan para teman-teman Alumni UI mengenai keanggotaan mereka," ujar Arief di Jakarta, Senin, (20/11).

Dirinya menjelaskan, Kartu Iluni UI merupakan perpanjangan dari sistem UI Connect. "Itu best application yang menghubungkan para alumni dengan digital. Saat ini sudah ada 20 ribu anggota di UI Connect," kata Arief.

Ia menargetkan, anggota UI Connect bisa mencapai 50 ribu. Dengan begitu ditargetkan pula ada 50 ribu pemegang kartu Iluni UI. "Dalam tiga bulan lagi, seharusnya kita sudah bisa capai target itu," tegasnya.

Direktur Kelembagaan dan Transaksional Perbankan BNI Adi Sulistyowati menyatakan, menyambut positif kerja sama ini. Pasalnya Universitas Indonesia merupakan salah satu universitas negeri di Indonesia yang sudah bekerjasama dengan BNI dalam waktu cukup lama.

Kerja sama meliputi, penempatan Kantor Cabang Utama BNI di UI Depok. Bahkan BNI juga bank yang mengelola dana Institusi UI di rekening giro maupun deposito, serta dana yang berasal dari payroll karyawan UI.
 
Pada kesempatan kali ini, BNI menyerahkan 10 ribu kartu Kartu Iluni  tanpa dibebani ongkos cetak kartu. Langkah ini sebagai bagian dari upaya mendorong percepatan literasi dan inklusi keuangan di kalangan Alumni. Salah satunya adalah mendekatkan produk-produk terbaru BNI pada civitas akademika Universitas Indonesia, terutama lulusan tahun 2017 dari jalur S1 dan Vokasi atau Diploma 3.

Dalam mengelola alumninya, UI membentuk Ikatan Alumni (Iluni UI) yang cukup aktif dalam berbagai kegiatannya. Iluni UI merupakan wadah organisasi bagi Alumni UI yang beranggotakan alumni Vokasi atau Diploma 3, Strata 1 (S1), S2 dan S3 Universitas Indonesia yang anggotanya tersebar di seluruh dunia.

"Data UI menunjukan jumlah Alumni di atas 400 ribu, ditambah dengan alumni baru setiap tahunnya sekitar 12 ribu. Hal itu merupakan potensi bagi BNI," ujar Adi.

Maka ia menjelaskan, untuk mendapatkan Kartu Iluni  untuk Alumni Tahun Wisuda 2017 dan selanjutnya, akan diawali dengan pengiriman data alumni oleh Pengurus Iluni UI untuk dibukakan rekening BNI di BNI Cabang UI Depok. Selanjutnya, Alumni datang ke BNI Cabang UI Depok atau Salemba untuk melakukan setoran awal, aktivasi kartu, dan fasilitas e-Banking-nya, dengan membawa bukti identitas diri dan bukti sebagai anggota Iluni UI yaitu kartu alumni, ijazah, atau Surat Rekomendasi dari Iluni UI.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA