Jumat 17 Nov 2017 20:39 WIB

Mahasiswa UGM Ikuti Simulasi Sidang PBB di Skotlandia

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Fernan Rahadi
UGM
Foto: ugm.ac.id
UGM

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Agelo Abil Wijaya jadi peserta asal Indonesia yang ikuti simulasi sidang PBB Model European Union Scotland. Ia merupakan mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM).

Simulasi berlangsung pada 19-24 Oktober 2017 lalu di Kota Glasgow dan Edinburgh di Skotlandia. Ia mengaku bersyukur dapat memperoleh banyak pelajaran, terutama tentang proses pembuatan keputusan penyusunan kebijakan baru di Uni Eropa. "Bangga bisa mengikuti simulasi sidang Uni Eropa ini," kata Angelo, Jumat (17/11).

Kegiatan ini diikuti lebih dari 100 mahasiswa dari berbagai negara di Eropa seperti Belanda, Belgia, Italia, Jerman, Perancis dan Portugal. Angelo merupakan satu-satunya mahasiswa Indonesia yang ikut simulasi sidang Uni Eropa tersebut.

Model European Union Scotland sendiri diinisiasi dan diselenggarakan pemuda-pemuda Eropa di Glasgow. Mereka bekerjasama dengan European Union Commission Representative in the United Kingdom.

Konferensi membahas dua persoalan utama tentang Common Fisheries Policy dan Medium Combustion Plant. Angelo mengatakan, kegiatan yang diikutinya memiliki formati yang sangat berbeda dengan konferensi-konferensi umumnya di Asia.

Dalam konferensi ini, Angelo banyak mempelajari perbedaan umum yang terdapat di Eropa. "Dalam konferensi ini, peserta diharapkan untuk menghasilkan rekomendasi kebijakan setelah negosiasi dengan berbagai aktof politik," ujar Angelo.

Angelo pun saat ini tengah mengikuti program pertukaran pelajar di University of Glasgow. Selain konfernsi, peserta diberikan kesempatan mengunjungi parlemen Skotlandia, untuk bertemu Menteri Skotlandi Alasdair Alan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement