Friday, 13 Syawwal 1441 / 05 June 2020

Friday, 13 Syawwal 1441 / 05 June 2020

Situs Pemkab Sukabumi Diretas, Isinya 'Jangan Turuti Nafsu'

Jumat 17 Nov 2017 19:57 WIB

Red: Didi Purwadi

Website Pemkab Sukabumi diretas.

Website Pemkab Sukabumi diretas.

Foto: Republika/Didi Purwadi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Webisite resmi Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, www.sukabumikab.go.id untuk kesekian kalinya diserang peretas atau "hacker". Peretas mengatasnamakan dirinya Sukabumi Black Hat.

"Iya benar website resmi Pemkab Sukabumi kembali diserang hacker dan saat ini tengah dalam perbaikan pihak petugas Informasi dan Teknologi (IT) Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Sukabumi," kata staf Humas Pemkab Sukabumi, Yayan, di Sukabumi, Jumat.

Dari pantauan, peretas tersebut menuliskan pesan "Hiji jalma can bisa di sebut jalma lamunmah akal sehat masih di kendalikeun keneh ku nafsu. Kendalikeun nafsu ku akal sehat anjeun sabab akal sehat anu aya dina diri manusia mangrupakeun ciri nu matak ngabedakeun antara manusia jeung sato''. Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia adalah 'setiap manusia belum bisa disebut manusia jika akal sehatnya masih dikendalikan hawa nafsu. Kendalikan nafsu dengan akal sehat kalian sebab akal sehat ada di diri manusia seperti ciri yang bisa membedakan antara manusia dengan binatang.'

Yayan mengatakan peretas website resmi tersebut belum diketahui siapa yang melakukannya. Biasanya tujuan mereka meretas seperti ingin mengeluarkan unek-unek ada juga yang meminta sesuatu.

Pihaknya belum menentukan langkah selanjutnya terkait peretasan tersebut karena wilayah tugasnya ada di diskominfo setempat. "Mudah-mudahan secepatnya website Pemkab Sukabumi ini kembali normal dan bisa dipergunakan lagi oleh masyarakat untuk mencari informasi tentang Kabupaten Sukabumi," tambahnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA