Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Kemenkes akan Segera Eliminasi TB

Jumat 17 Nov 2017 05:12 WIB

Rep: Rr Laeny/ Red: Winda Destiana Putri

Penyakit TBC (ilustrasi).

Penyakit TBC (ilustrasi).

Foto: gsahs.nsw.gov.au

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai salai satu negara dengan beban penyakit Tuberkulosis (TB) yang tinggi, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moelok mengatakan Indonesia perlu melakukan strategi akselerasi. Hal itu guna mencapai eliminasi penanggulangan TB yang benar.

Hal itu ia sampaikan saat memimpin rapat Delegasi Indonesia pada Pertemuan Tingkat Menteri yang Pertama dalam rangka eliminasi penyakit tuberkulosis (TB) pada Era Sustainable Development Goal, di Kedutaan Besar RI di Moskow, Rusia. Nila juga menekankan pentingnya komitmen lintas sektor untuk mendukung penanggulangan TB.

"Masalah TB di Indonesia tidak mungkin diselesaikan oleh sektor kesehatan sendiri," ujarnya seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Kamis (16/11) malam.

Sebab, kata dia, pengendalian faktor risiko TB terkait erat dengan berbagai faktor yang menjadi tanggung jawab sektor lain, antara lain lingkungan yang padat dan kumuh, penyediaan rumah sehat dengan ventilasi cukup. Selain itu pembudayaan perilaku bersih dan sehat pada murid sekolah, peningkatan tingkat sosial, ekonomi, dan pendidikan, dan pembiayaan program yang saat ini masih banyak tergantung kepada bantuan donor. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA