Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Dr Arif Satria Terpilih Menjadi Rektor IPB Periode 2017-2022

Rabu 15 Nov 2017 20:41 WIB

Red: Irwan Kelana

Dr Arif Satria SP, MSi, rektor IPB periode 2017-2022.

Dr Arif Satria SP, MSi, rektor IPB periode 2017-2022.

Foto: Dok IPB

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Dr  Arif Satria SP, MSi terpilih sebagai rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) periode 2017-2022 menggantikan rektor periode sebelumnya, Prof Dr Ir Herry Suhardiyanto MSc yang sudah dua periode menjabat  sebagai rektor IPB.
 
Dr  Arif Satria terpilih secara mufakat dalam Sidang Paripurna Majelis Wali Amanat (MWA) IPB, Rabu  (15/11) sore di Kampus IPB Baranangsiang, Bogor, Jawa Barat.   Pelantikan rektor baru rencananya akan dilakukan pada 15 Desember 2017 mendatang.

“Alhamdulillah pemilihan rektor IPB tahun 2017-2022 sudah terlaksana dengan lancar. Telah ditetapkan Dr Arif Satria sebagai Rektor Terpilih IPB yang akan memimpin IPB lima tahun ke depan,” kata ujar Ketua MWA IPB, Prof  Dr Muhammad Ahmad Chozin, dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (15/11).

Ia menjelaskan, sesuai Statuta IPB, MWA melakukan pemilihan dari tiga menjadi satu melalui mekanisme musyawarah mufakat. Namun, bila tidak tercapai secara musyawarah dan mufakat maka pemilihan dilakukan melalu mekanisme voting (pemungutan suara).  “Dan Alhamdulillah, proses pemilihan berhasil kita lakukan dengan musyawarah untuk mufakat,” ujarnya.

Ia menambahkan, semua sepakat untuk menetapkan satu pilihan dengan pandangan yang sama bahwa satu itulah yang layak dan terbaik menjadi rektor IPB untuk lima tahun ke depan.  “Rektor IPB terpilih diharapkan menjadi pemimpin akademik yang visioner, berkinerja, dan inklusif yakni mau melayani semua golongan, serta punya visi kuat dalam memimpin,“ tutur Prof Chozin.

Chozin menjelaskan,  secara keseluruhan proses pemilihan berjalan dengan baik dan lancar. “Sidang Paripurna Terbuka kita gelar Rabu pagi, diikuti 15 anggota MWA dari 17 anggota yang ada. Sidang tertutup yang baru saja selesai dilaksanakan, diikuti 16 anggota MWA.  Dalam Sidang Terbuka, para kandidat calon rektor diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi dan program kerjanya di hadapan MWA dan warga IPB lainnya sehingga warga IPB bisa mengetahui visi masing-masing calon rektor, “ paparnya.

Ia mengemukakan,  dua kandidat calon rektor lainnya yaitu Prof Dr  Muhammad Yusram Massijaya dan Prof Dr  Yonny Koesmaryono adalah kandidat-kandidat yang tak kalah baiknya. Prof  Yusram adalah Ketua Dewan Guru Besar (DGB) IPB yang kiprahnya tak diragukan.

Pun dengan Prof   Yonny Koesmaryono, kiprahnya dalam memajukan IPB diakui banyak pihak.  Prof Yonny saat ini menjabat sebagai wakil rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan. Prof Chozin berharap, IPB ke depan akan lebih baik lagi di tangan pemimpin baru.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA