Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Strategisnya Kota Meknes

Rabu 15 Nov 2017 23:30 WIB

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Agung Sasongko

Kota Mekness, Maroko

Kota Mekness, Maroko

Foto: Wikipedia

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Meknes berada di lokasi strategis, di dataran tinggi di bagian tengah wilayah utara Maroko. Kota ini dilalui Sungai Bou Fekrane yang membelah kota menjadi dua area, kota tua di satu sisi dan kota baru di sisi lain. Kota ini terletak sekitar 80 mil di timur Rabat dan 35 mil di barat daya Fes. Berada di persimpangan membuat akses Meknes ke berbagai tempat bersejarah lainnya pun jadi mudah.

Cuaca di Meknes bisa dikatakan bagus. Musim semi dan musim panas merupakan masa favorit berwisata karena semua situs bersejarah tampak terpajang jelas. Cuaca juga menentukan gelaran festival kebudayaan lokal.

Meknes dikenal sebagai kota yang kaya sumber air mengingat lokasinya dekat Atlas tengah, sumber air terbesar di Maroko. Belum lagi, kekayaan dan kesuburan tanahnya yang baik. Kualitas geografis itu membuat Meknes menarik bagi mereka yang hendak berinvestasi agribisnis sehingga tak mengherankan bila pertanian kota ini pun amat bagus.

Perkebunan zaitun dan produk minyak zaitun jadi salah satu andalan Meknes. Anggur produksi Meknes juga luar biasa sehingga sebagian besarnya diekspor ke Eropa. Perkebunan jeruk dan gandum juga banyak ditemui di sana.

Tak mengherankan bila Meknes pernah menjadi tuan rumah pameran pertanian internasional. Acara itu dihadiri para pakar dan partisipan pameran dari seluruh dunia. Harapan nya, inovasi terbaru yang dipaparkan dan dipamerkan di sana bisa berimplikasi positif bagi pertanian Meknes. Di sisi manufaktur, Meknes juga tak mau tertinggal. Kota ini dikenal sebagai produsen karpet, tekstil, perabot kayu bercat, dan kerajinan tangan seperti bordir pola geometris.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA