Sunday, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 January 2020

Sunday, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 January 2020

Melongok Para Pahlawan di Sudut Gang Koja

Ahad 12 Nov 2017 11:49 WIB

Rep: Fergie Nadira/ Red: Joko Sadewo

Warga Koja berkostum pahlawan saat menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan

Warga Koja berkostum pahlawan saat menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan

Foto: republika/fergie nadira

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk memperingati Hari Pahlawan. Terkadang masyarakat melakukan dengan menggelar sejumlah kegiatan unik, untuk membuat kesan yang lebih mendalam terhadap peringatan tersebut.

Seperti yang dilakukan warga di wilayah Rukun Warga (RW) 13 Kelurahan Koja, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Di sebuah Gang di Cipeucang, Gang 2 RW 13, Kelurahan Koja, Kecamatan Koja, mereka menggelar upacara bendera, dan menggunakan kostum pahlawan.

"Saya memilih menjadi Jendral Soedirman untuk mengingat jasanya, saya termotivasi sama perjuangan beliau,” kata anggota karang taruna RW 13, Arifin saat ditemui di Koja, Ahad (12/11).

Elemen upacara pun dibuat lengkap. Mulai dari pasukan pengibar bendera, komandan upacara, marching band, pembaca doa, pembaca pancasila, pembaca undang-undang dasar 1945, serta pemimpin upacara. .

Ketua RW 13 Kelurahan Koja, Burhanuddin, yang didapuk sebagao pemimpin upacara,  mengatakan acara ini semata-mata agar generasi muda khususnya di wilayahnya mengerti sejarah serta menghormati jasa para pahlawan bangsa yang dengan ikhlas dan rela berkorban memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

"Mereka harus punya semangat juang para pahlawan untuk menghadapi masa depan mereka sendiri," ujarnya selepas memimpin gladi resik upacara.



Para anggota upacara dilatih selama satu minggu untuk melakukan rangkaian upacara. Komandan Upacara, Surya Aditya (20 tahun) mengaku baru pertama kali menjadi komandan upacara, meskipun hanya dilingkungan sendiri ia merasakan bangga bisa memimpin warga melaksanakan upacara. "Baru pertama, gerogi sedikit, tapi semangat," ujar Surya.

Kegiatan yang digagas Karang Taruna ini terdiri dari beberapa rangkaian diawali upacara, kemudian pawai sepeda hias disertai hiasan Tank pada sepeda, kemudian warga jalan di wilayah RW 13, setelah itu berkumpul kembali di area upacara dengan acara permainan anak-anak, dan diakhiri dengan pembagian hadiah.



Warga Rw 13, Rusli (58 tahun) mengaku senang warganya kompak melaksanakan kegiatan warga. Ia mengatakan anak-anak yang mengikuti pawai berasal dari dua Paud, Paud Dahlia, binaan ibu-Ibu PKK Rw 13 dan Paud Al-Barokah yang dinaungi Rw 13.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA