Rabu 08 Nov 2017 01:31 WIB

Test Event Tenis Digelar di JSC Palembang

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Logo Asian Games 2018
Logo Asian Games 2018

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kesiapan total Jakabaring Sports City (JSC) Palembang, Sumatra Selatan sebagai venue utama penyelenggaraan Asian Games 2018 kembali ditunjukkan lewat test event cabang tenis Road to Asian Games 2018.

Untuk ketiga kalinya, ajang uji coba cabang yang akan dipertandingkan di pesta olahraga bangsa Asia ini digelar di competition venue. Sebelumnya, dua test event, yakni triathlon dan voli pantai juga berlangsung di JSC yang merupakam arena pertandingan kedua cabang tersebut saat games time nanti.

Saat membuka test event tenis berskala kejuaraan nasional itu di Stadion Tenis Bukit Asam, JSC, Selasa (7/11), Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Nasrun Umar, yang mewakili Gubernur Sumsel, Alex Noerdin menyatakan bahwa Palembang sudah sangat siap menjadi tuan rumah pesta olahraga Asia itu tahun depan.

Khusus untuk lapangan tenis, Pemerintah Provinsi Sumsel tengah merampungkan penyelesaian akhir pembangunan delapan lapangan tambahan.

"Kami bekerja keras untuk mewujudkan tiga sukses sebagai tuan rumah Asian Games, yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses pemberdayaan ekonomi kerakyatan, ujarnya. Test event ini akan berlangsung hingga Ahad (12/11).

Di tempat yang sama, Wakil Deputy I INASGOC Djoko Pramono mengatakan, test event tenis ini merupakan bagian dari uji coba masing-masing cabang yang bakal dipertandingkan pada ajang Asian Games 2018.

"Ada 40 cabang olahraga yang bakal menggelar test event hingga awal Desember nanti, karena menggunakan anggaran 2017. Jadi, harus selesai akhir tahun ini," tuturnya.

"Yang diuji coba adalah kesiapan panitia penyelenggaranya, jadi kami membolehkan induk organisasi cabang yang bersangkutan untuk menggelar kejuaraan nasional."

Sementara itu, Ketua Bidang Pertandingan PP Pelti, Susan Soebakti yang juga menjabat Manajer Kompetisi tenis di Asian Games menjelaskan, Kejurnas Tenis 2017 ini diikuti oleh 47 petenis putra dan 26 putri dari 14 daerah di Tanah Air.

"Unggulan teratas kelompok putra adalah Arief Rahman dari Kalimantan Timur yang berperingkat empat nasional. Sedangkan di bagian putri ada Fitriana Sabrina dari DKI," kata dia.

Kejurnas Tenis 2017 ini mempertandingkan nomor tunggal dan ganda, baik putra maupun putri. Pada Selasa (7/11) telah berlangsung babak final kualifikasi tunggal putra. Namun hujan yang mengguyur kawasan Jakabaring, membuat panpel terpaksa menunda satu partai tunggal dan empat laga kualifikasi ganda putra. (Fitriyanto)

Hasil Selasa (7/11)

Final Kualifikasi

Afrizal Ivanisevic (Sumsel) v Giovani Mahendra (Jambi) 7-5. 6-3

Anan Sisar S (Sumsel) v Bakti Prawira (Sumsel) 6-1, ret

Achad Imam Maruf (Jabar) v Alfaresi Kaka (Sumsel) 6-0, 6-0

Fajar Isvan (Aceh) v Suharyadi (DKI) 2-6, 6-2, 2-0, ret

Nur Abdi (Babel) v Panji Susilo (Sumsel) 6-0, 6-2

Dafa Ditio (Sumsel) v M. Hafiz Al Asad (Sumsel) 6-1, 6-1

Muhammad Adhitya (Jabar) v Agung Tarmuji (Sumsel) - Tunda

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement