Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Januari 2018, Stadion Utama GBK Siap Jadi Kandang Persija

Rabu 01 Nov 2017 17:57 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah

Suasana Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta pada Selasa (31/10).

Suasana Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta pada Selasa (31/10).

Foto: Republika/Fitriyanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyelesaian pembangunan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, kini hanya tinggal menghitung hari. Sesuai kesepakatan, serah terima dari kontraktor kepada Pengelola GBK senayan akan dilakukan pertengahan November 2017. Sehingga, stadion bersejarah Indonesia ini siap menjadi kandang bagi Persija Jakarta maupun untuk timnas Indonesia mulai Januari 2018.

Director Construction and Business Development GBK Senayan, Gatot Tetuko, kepada Republika, Rabu (1/11) menyatakan SUGBK, selesai pada pertengahan bulan ini. Namun, sarana pendukung seperti taman, tempat parkir, dan kanal pengairan baru akan selesai pada Desember 2017. "Jadi, untuk keamanan dan kenyamanan, idealnya baru Januari 2018 baru bisa digunakan untuk pertandingan resmi," kata dia.

Ia menyebutan, sudah berkoordinasi dengan Persija serta pengurus PSSI. "Mereka tinggal menunggu dari kita kapan stadion yang diakui FIFA sebagai bintang lima ini akan digunakan," kata Gatot.

Ia mengatakan, sangat sayang kalau stadion sebesar dan semegah SUGBK yang sudah direnovasi kemudian tidak dimanfaatkan. Untuk mencoba stadion, ia berharap ada Januari sudah ada pertandingan digelar di sana.

SUGBK akan digunakan untuk acara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018. Selain itu, cabang atletik yang mempertandingka 42 nomor pertandingan juga nantinya akan dimainkan di stadion bersejarah ini.

Panitia Pelaksana Asian Games (INASGOC) menjadwalkan test event Asian Games 2018 cabang atletik akan dilakukan di SUGBK. "Karena stadion ini baru, diperlukan acara atau pra test event. Ini semua untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dalam mengoperasikan segala yang ada di stadion ini," kata dia.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA