Selasa 31 Oct 2017 19:44 WIB

Golf Gelar Test Event Asian Games 2018

Rep: Fitriyanto/ Red: Ratna Puspita
Atlet pelatnas Golf Almay Rayhan Yaqutah memukul bola saat mengikuti Test Event Golf Road to Asian Games 2018 di Pondok Indah Padang Golf, Jakarta Selatan, Selasa (31/10). Uji coba sebelum Asian Games 2018 tersebut berlangsung hingga 3 November 2017.
Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan
Atlet pelatnas Golf Almay Rayhan Yaqutah memukul bola saat mengikuti Test Event Golf Road to Asian Games 2018 di Pondok Indah Padang Golf, Jakarta Selatan, Selasa (31/10). Uji coba sebelum Asian Games 2018 tersebut berlangsung hingga 3 November 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PB Persatuan Golf Indonesia (PGI) bersama Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc) menggelar Kejuaraan Nasional Amatir 2017 yang berlangsung di Pondok Indah Golf mulai Selasa (31/10) hari ini sampai Jumat (3/11). Ajang ini menjadi test event  atau kejuaraan uji coba Asian Games 2018. 

Sekretaris Jenderal Inasgoc Eris Herryanto mengatakan penyelenggara Asian Games memang meminta pengurus organisasi  cabang olahraga untuk segera menggelar test event ‘Road to Asian Games’. “Ini demi kesiapan venue dan panitia penyelenggara. Termasuk test event golf ini,” kata dia melalui siaran pers yang diterima Republika, Selasa (31/10) petang. 

Dia mengatakan kejuaraan uji coba Asian Games 2018 ini digelar di venue yang bakal digunakan pada perhelatan pesta ragam olahraga antarnegara di Asia, yakni Pondok Indah Course. “Melihat venue ini baru saja menggelar turnamen Indonesia Open, saya yakin lapangan golf Pondok Indah sangat layak untuk arena Asian Games 2018," kata dia. 

Test Event golf Road to Asian Games 2018 diikuti oleh 35 pegolf amatir putra dan 11 pegolf putri dari berbagai provinsi di Indonesia. Di antaranya DKI Jakarta, Jabar, Jatim, Kaltim, Banten, Sumsel, Sulsel, Kalsel, Sumut, Bali.

Anthony Chandra selaku ketua pelaksana test event golf dari PB PGI pun menyatakan event yang berlangsung hingga Jumat mendatang ini bakal berlangsung sukses. PGI juga akan menyelenggarakan Kejuaraan Nasional Amatir 2017 ini dengan profesional. 

Keyakinan Anthony ini lantaran PB PGI juga baru selesai menyelenggarakan Indonesia Open pada 26-29 Oktober 2017 di tempat yang sama, yakni Pondok Indah Golf. Dia mengatakan Indonesia Open tidak hanya diikuti oleh peserta dari Indonesia namun juga mancanegara. 

Selain Indonesia Open, pada September lalu, PGI juga telah menyelenggarakan SEA Amateur Golf Team Championship 2017 (Kejuaraan Tim Golf Amatir Asia Tenggara). “Jadi secara kesiapan, kami sangat siap dan berusaha menyelenggarakan uji coba ini dengan sukses,” kata dia. 

Anthony juga menjelaskan test event ini memiliki dua tujuan. Pertama, sebagai ajang uji coba bagi penyelenggara dalam menyelenggarakan ajang pertandingan golf. Dengan demikian, hasil evaluasi akan menjadi masukan ketika Asian Games digelar. Bagaimana pun, Asian Games memiliki prestise dan standarnya tersendiri.

Tujuan kedua, event ini menjadi target untuk atlet Indonesia agar lebih mengenal venue dengan lebih baik. Sebab, setiap lapangan golf di dunia memiliki karakter yang berbeda-beda.

Test event juga menjadi salah satu pertimbangan PGI dalam memilih wakil Indonesia di Asian Games. Namun, PGI tidak menitikberatkan pada hasil test event tetapi juga mempertimbangkan proses pembinaan dan seleksi dalam masa sembilan bulan menuju Asian Games. 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement