Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Wapres JK: Indonesia tak Akui Kemerdekaan Katalunya

Selasa 31 Oct 2017 17:43 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Jusuf Kalla

Jusuf Kalla

Foto: EPA/Andrew Gombert

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan, Pemerintah Republik Indonesia tidak akan mengakui kemerdekaan Katalunya dari Spanyol yang dideklarasikan sepihak pada 28 Oktober 2017.

"Pasti sikap pemerintah tidak mengakui, itu urusan domestik mereka, tapi kalau minta pengakuan, pasti pemerintah tidak mengakui," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (31/10).

Pernyataan Wapres Jusuf Kalla tersebut semakin menegaskan sikap pemerintah Indonesia yang menganggap Katalunya sebagai bagian dari Spanyol dan tidak mendukung separatisme yang digaungkan usai jajak pendapat pada 1 Oktober 2017.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri RI Retno telah mengeluarkan pernyataan bahwa Indonesia tidak akan mengakui kemerdekaan Katalonia karena wilayah tersebut merupakan bagian Kerajaan Spanyol. "Katalunya adalah bagian integral Spanyol. Indonesia tidak akan mengakui kemerdekaan Katalunya," ujarnya, menegaskan.

Sikap yang sama juga disampaikan Presiden Dewan Uni Eropa Donald Tusk bahwa deklarasi kemerdekaan Katalunya tidak akan berdampak apapun pada hubungan Spanyol dan Uni Eropa.

Tusk menegaskan bahwa Spanyol tetap menjadi satu-satunya lawan bicara Uni Eropa. Sebelum mendeklarasikan kemerdekaan pada 28 Oktober 2017, hasil referendum pada 1 Oktober menunjukkan 90 persen dari 2,2 juta warga Katalonia menyatakan setuju untuk menjadi negara independen terlepas dari Spanyol.

Baca juga,  Ini Alasan Katalan Ingin Merdeka dari Spanyol.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA