Sabtu 28 Oct 2017 10:52 WIB

Kebiasaan Sebelum Tidur yang Baik untuk Turunkan Berat Badan

Rep: Puti Almas/ Red: Esthi Maharani
Penggunaan gadget sebelum dan setelah bangun tidur berefek tidak baik bagi kesehatan.
Foto: Dailymail
Penggunaan gadget sebelum dan setelah bangun tidur berefek tidak baik bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, Semua orang tentunya mendambakan tubuh yang sehat, segar, dengan berat badan yang ideal. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan beristirahat yang cukup setiap hari, khususnya di malam hari.

Lalu, bagaimana cara untuk mendapatkan istirahat yang cukup setiap harinya? Dilansir Bold Sky ada beberapa kebiasaan baik sebelum tidur yang bahkan diyakini bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan bagi Anda yang ingin mendapatkan tubuh ideal.

1. Mengkonsumsi kacang-kacangan

Meski kacang mengandung lemak, namun beberapa penelitian mengungkapkan bahwa lemak yang ada dalam jenis makanan ini tidak sepenuhnya teroksidasi dalam tubuh, sehingga tidak ada kalori yang tertimbun. Belum lagi dengan protein yang terkandung akan membuat tubuh Anda semakin sehat.

Bahkan, jika mengkonsumsi kacang-kacangan sebelum tidur, makanan ini dapat bekerja untuk menjaga saluran pencernaan dengan kandungan serat yang kaya. Tentunya ini membuat Anda terjaga keesokan harinya dengan segar.

2. Matikan gadget

Sering kali seiring perkembangan zaman saat ini orang-orang tidak bisa lepas dari gadget mereka. Tak terkecuali hingga sudah waktunya untuk terlelap. Padahal, cahaya yang dihasilkan dari gadget dapat mengurangi jumlah melatonin, atau hormon di dalam tubuh yang membuat kita dengan mudah tertidur.

Hasilnya, Anda akan merasa tidak ingin beristirahat dan bukan tidak mungkin di waktu yang seharusnya digunakan untuk tidur menjadi waktu untuk menyantap makanan meski hanya sekadar cemilan. Karena itu, matikan gadget Anda setidaknya satu jam sebelum tidur. Anda dijamin akan merasa lebih nyenyak beristirahat dan terhindari dari apa yang dikenal dengan sitilah 'begadang' atau terjaga semalaman.

3. Gunakan baju yang nyaman

Memakai pakaian yang bersih dan lembut akan membuat tidur Anda semakin nyenyak. Jangan lupa pastikan seprai tidur yang digunakan juga bersih untuk membuat sepanjang malam Anda tidak akan terbangun, karena ini rentan membuat seseorang kelaparan dan bukan tidak mungkin memilih untuk makan di 'waktu yang salah'.

4. Minum susu hangat

Susu hangat dikenal dapat menjadi obat untuk membantu tidur di malam hari. Enzim yang ada dalam susu diketahui dapat meningkatkan kadar serotonin di dalam tubuh, yang akan membantuk mengurangi stres dan membuat Anda lelap saat beristirahat. Pilih susu dengan lemak dan gula yang rendah untuk menghindari kalori yang masuk dalam tubuh.

5. Membaca buku

Membaca buku menjadi salah satu alternatif yang baik saat Anda merasa belum ingin beristirahat. Dibandingkan memainkan gadget, membaca buku dapat membantu menenangkan sel otak serta membuat mata perlahan tertutup untuk beristirahat dengan sendirinya.

6. Matikan lampu

Saat tidur sebaiknya Anda menghindari ruangan yang terang dan dekat dengan cahaya jenis apapun. Pencahayaan diyakini membuat pelepasan melatonin terhambat. Karena itu, matikan lampu saat beristirahat di malam hari. Jika Anda adalah orang yang takut gelap, lampu tidur dengan cahaya kecil dan remang dapat menjadi alternatif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement