Sabtu 28 Oct 2017 09:43 WIB

Suara Anda: 'Pemuda Zaman Now'

Ilustrasi Media Sosial
Foto: pixabay
Ilustrasi Media Sosial

REPUBLIKA.CO.ID, Pemuda zaman sekarang atau istilah saat ini "kids zaman now", bukan hal yang asing dalam kesehariannya yang selalu bergelut dengan benda bernama gawai. Saat ini, gawai tidak hanya sebagai media komunikasi, tetapi juga merupakan alat multifungsi.

Salah satunya, media sosial yang paling sering digunakan para generasi muda saat ini adalah facebook, twitter, path, dan instagram. Banyak sekali pemuda menggunakan media sosial ini untuk mencurahkan hati atau sesuatu yang menurutnya harus dibeberkan ke media sosial.

Terkadang, tanpa memedulikan dampak yang akan timbul. Banyak dari para pemuda saat ini yang sudah kecanduan gawai. Salah satu dampaknya adalah ketidakpedulian mereka dengan dunia nyata dan masalah umat.

Belum lagi masalah yang lain, seperti banyaknya para pemuda yang bunuh diri, kecanduan narkoba, terjerumus dalam seks bebas, perkelahian remaja, dan masih banyak lagi.

Sungguh ironis, para generasi muda yang seharusnya menjadi harapan bangsa justru mereka terperangkap dalam dunia yang fana, tidak peduli dengan dirinya sendiri apalagi peduli dengan lingkungan sekitarnya. Harusnya, para pemuda sadar akan pentingnya peran mereka.

Berbeda dengan ‘zaman now’, saat Islam diterapkan dulu perhatian Islam besar terhadap generasi muda. Ini menunjukkan, masa muda merupakan masa yang sangat penting dan paling berharga.

Generasi muda merupakan rahasia kekuatan suatu umat, tiangnya kebangkitan, kebanggaan, dan kemuliaan. Di atas pundak merekalah masa depan umat terpikul, karena pemuda memiliki keistimewaan tersendiri.

Baik dari segi keberanian, kecerdasan, semangat, maupun dari kekuatan jasmaninya. Ayo bangkitlah para pemuda, bangkit dengan Islam dan melakukan amar makruf nahi munkar.

Pengirim:Yulia Dwi P, Guru SMA swasta, Plemahan - Kediri

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement