Sabtu 28 Oct 2017 00:24 WIB

Sembilan Angka Beruntun Pastikan Kemenangan Tontowi/Liliyana

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir
Foto: Humas PBSI
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Pasangan ganda campuran unggulan empat dari Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir lolos ke babak semifinal turnamen French Open Super Series 2017. Di perempat final, Tontowi/Liliyana mengalahkan unggulan delapan dari Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing, Jumat (27/10).

Di awal gim pertama, pasangan Malaysia terlihat percaya diri dengan serangan-serangannya. Mereka juga membuat Liliyana berlari di depan dan belakang dengan penempatan bola yang menyulitkan. Sejak kedudukan 3-3, Tan/Lai terus unggul dari 8-11 hingga merebut gim pertama dengan 19-21.

Tan/Lai sempat unggul 1-3 dan 2-4 di awal gim kedua. Tontowi/Liliyana berupaya memperlambat pola permainan dengan penempatan bola sebagai awal serangan dan tidak selalu kencang dalam pukulan. Strategi ini efektif untuk menekan lawan.

Tontowi/Liliyana berbalik unggul dengan 8-4 dan 11-5 di paruh gim. Saat kedudukan 17-6, Tan/Lai sempat memperpendek jarak angka dengan merebut tujuh angka beruntun dengan 17-13. Tontowi/Liliyana tetap tenang dan mencuri gim kedua dengan 21-14.

Perolehan angka ketat sejak awal gim ketiga yang menentukan. Tontowi/Liliyana sempat unggul 3-0 dan 5-3, Tan/Lai berbalik unggul dengan 7-9. Tontowi/Liliyana berganti memimpin angka tipis 11-10 di paruh gim.

Sejak kedudukan 12-12, Liliyana yang memegang bola servis berupaya mengubah strategi dengan memberikan servis panjang kepada Pei Jing Lai. Strategi ini mengejutkan pasangan Malaysia yang malah beberapa kali terus melakukan kesalahan sendiri. Servis di tangan Liliyana berhasil merebut sembilan angka beruntun dan memastikan kemenangan Tontowi/Liliyana dengan 21-12.

Dengan kemenangan ini, Tontowi/Liliyana berhasil melangkah ke babak semifinal. Tontowi/Liliyana akan menunggu pemenang antara laga perempat final lainnya antara dua pasangan Cina yaitu unggulan dua Lu Kai/Huang Yaqiong melawan unggulan enam, Zhang Nan/Li Yinhui.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement