Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

Ratusan Pramuka Bentangkan Spanduk '2045 Indonesia Juara'

Selasa 24 Oct 2017 10:36 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Andi Nur Aminah

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault di antara anggota pramuka lainnya (ilustrasi)

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault di antara anggota pramuka lainnya (ilustrasi)

Foto: Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jelang peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2017 mendatang, Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault dan ratusan Pramuka membentangkan spanduk berukuran 10 meter x 0,8 meter bertuliskan 2045 'Indonesia Juara'. Spanduk ini dibentangkan usai pembukaan Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Lima (LT-V) 2017 di Lapangan Kempi 2 Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur Jakarta Timur, Senin (23/10) pagi.

'Usia kami sekarang 11 hingga 15 tahun, 2045 Indonesia Juara Dunia. Selamat Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928, 28 Oktober 2017,' bunyi spanduk tersebut. Selain itu, dibentangkan pula spanduk dengan ukuran sama bertuliskan 'Ayo Promosikan dan Bela NKRI di Media Sosial Pramuka Perekat NKRI.'

Berdasarkan siaran pers yang diterima Republika.co.id, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengaku bangga dengan para peserta. Menurutnya, semua peserta adalah pemenang, setidaknya di daerah masing-masing. Mereka adalah pemenang di LT-IV (tingkat Kwarda/Provinsi), LT-III (Tingkat Kwarcab/Kabupaten atau Kota), LT-II (tingkat Kwarran/Kecamatan), dan LT-I (tingkat Gudep).

"Sekarang tantangannya berat. Pertama, media sosial. Kalau ada di Pramuka, medsos pasti digunakan untuk positif. Kedua, narkoba. Pramuka yang aktif dan ada tanda kecakapan tidak akan seperti itu. Yang paling masif menghadapi tantangan ini adalah Pramuka, karena Pramuka ada sampai di kecamatan dan sekolah," ungkap Menpora Periode 2004-2009 itu.

Adhyaksa juga berpesan kepada peserta LT-V, meskipun sedang berlomba agar tetap menjaga persaudaraan. Menurutnya, persaudaraan sangat bermanfaat baik untuk sekarang maupun di kemudian hari. Apalagi, tema LT-V Tahun 2017 yang diusung adalah Persaudaraan, Mandiri dan Prestasi.

 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA