Saturday, 4 Sya'ban 1441 / 28 March 2020

Saturday, 4 Sya'ban 1441 / 28 March 2020

Di Balik Hadirnya Lagu Tema Gala Desa

Senin 23 Oct 2017 20:47 WIB

Red: Israr Itah

Menpora Imam Nahrawi saat membuka gelaran Gala Desa di Lapangan Pemuda Bulukumba, Jalan Pemuda, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Foto:

Setelah semua proses perekaman selesai, Sudirman dan rekan merasa puas dengan hasil akhirnya. Lagu itulah yang kemudian diputar dan dinyanyikan secara resmi di seluruh kegiatan Gala Desa, yang di tahap pertama, pada tahun 2017, diadakan di 136 kabupaten/kota di Indonesia.

Kemenpora berharap Gala Desa terus bergulir setiap tahun. Sebagai bagian dari ajakan "Ayo Olahraga", Gala Desa dianggap bisa membudayakan hidup sehat di kalangan masyarakat dan menjadi salah satu sumber menemukan atlet-atlet berbakat yang suatu saat bisa membela nama bangsa di kejuaraan-kejuaraan internasional.

Sebab, Gala Desa memberikan peluang bagi bakat-bakat tak terdeteksi di desa-desa untuk berkompetisi dan memperlihatkan dirinya di hadapan pemerintah kabupaten/kota setempat.

Jadi ke depan, kata Kepala Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Kesehatan Olahraga Nasional (PP ITKON) Kemenpora Edi Nurinda Susila, kalau sistem kompetisinya sudah tertata dengan apik, tidak perlu lagi blusukan untuk mencari atlet. Pemerintah daerah lebih mudah menemukan atlet dan membinanya, lalu mendorong untuk mengikuti kompetisi-kompetisi tingkat daerah maupun nasional.

Cita-cita atlet Indonesia menjadi yang terdepan di kejuaraan-kejuaraan dunia berbagai cabang olahraga bukanlah tidak mungkin diwujudkan, seperti pejuang sekaligus Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela pernah berkata, "semuanya memang selalu terlihat tidak mungkin sampai akhirnya itu bisa diwujudkan".

Nah, agar lebih bersemangat menggapai asa, tidak ada salahnya bersama-sama melantunkan refrain lagu Gala Desa, "Sehatkan jiwamu, ragamu. Jadi sang juara. Bangkitkan tekadmu, citamu, untuk Indonesia!".

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA