Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Wisuda Akbar PPPA Daarul Qur’an Digelar di 14 Negara

Ahad 22 Oct 2017 06:19 WIB

Red: Irwan Kelana

Salah satu rangkaian acara wisuda akbar PPPA Daarul Qur'an.

Salah satu rangkaian acara wisuda akbar PPPA Daarul Qur'an.

Foto: Dok PPPA Daarul Qur'an

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Tahun ini adalah tahun kedelapan PPPA Daarul Qur’an menggelar Wisuda Akbar Penghafal Alquran. Program ini lahir dari semangat piminan PPPA Darul Qur’an  Ustaz Yusuf Mansur mengajak umat Islam Indonesia dan dunia menghafal Alquran. Hal itu dengan harapan, umat Muslim semakin mencintai Alquran, menempatkannya selalu di dalam hati dan menjadikannya pedoman kehidupan.

Pada 2017 ini, perayaan Wisuda Akbar  diperluas  lokasi pelaksanaan yang sebelumnya hanya dilaksanakan di beberapa daerah di Indonesia. “Wisuda Akbar ke-8  dilangsungkan di 17 kabupaten/kota, 12 provinsi di Indonesia dan 14 negara dari tiga benua. Acara ini diperkirakan akan dihadiri sebanyak 95.888 orang baik dari Indonesia maupun dunia,” kata Direktur Eksekutif PPPA Daarul Qur’an, Tarmizi As Shidiq dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (21/10).

Di Indonesia, Wisuda Akbar ke-8 digelar serentak hari ini, Ahad (22/10) di Jakarta, Bandung, Cirebon, Bogor, Sukabumi, Kebumen, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Probolinggo, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung dan Bali.

Kehadiran pendiri sekaligus Dewan Pembina Yayasan Daarul Qur’an Yusuf Mansur di Masjid Istiqlal Jakarta Pusat, hari ini (22/10)  khusus menemani Syeikh Abdul Rahman Al Ausy, seorang imam sekaligus pakar Alquran dari Timur Tengah dan para delegasi negara-negara lainnya. Sebelumnya, Syeikh Al Ausy telah tiba di Jakarta pada (11/10) dan melakukan serangkaian lawatan dakwah di beberapa daerah dalam rangka menyambut Wisuda Akbar Penghafal Alquran ke-8.

Sementara 14 negara yang dimaksud, selain Indonesia,  adalah  Amerika Serikat, Jerman, Turki, Gaza, Mesir, Suriah, Lebanon, Jordania, Sudan, Bangladesh, Taiwan, Hongkong dan Korea Selatan. Semula ditargetkan perayaan Wisuda Akbar dapat dilangsungkan di 17 negara menggandeng Afrika Selatan, Jordania dan Syiria, namun belum dapat dilakukan tahun ini. “Kami berharap tahun depan tiga negara tersebut akan terlaksana ditambah negara-negara lainnya, sehingga Wisuda Akbar menggema di seluruh dunia,” tuturnya.

Di Amerika Serikat, Wisuda Akbar akan dilakukan di Indonesian Muslim Association in America (IMAAM) Center, di Georgia Avenue, Silver Spring, Maryland, Amerika Serikat, tak jauh dari Washington DC, ibukota Amerika Serikat. IMAAM Center memiliki jamaah sekitar 50 muslim yang menetap di Washington, D.C dan sejumlah kota lainnya di Amerika Serikat.

Lain halnya di negara dengan julukan negeri dua benua yakni Turki, Wisuda Akbar 8 menghafal surat Al Fath bersama ini akan dilangsungkan di Kayseri, Turki. Diperkirakan 100 lebih peserta hadir dalam acara ini. Panitia pelaksana yang merupakan mahasiswa-mahasiswi Perhimpunan Pelajar (PPI) Kayseri akan mengundang sejumlah tokoh besar di Turki. Seperti gubernur Kayseri, syeikh-syeikh lokal, duta besar Indonesia untuk Turki dan masyarakat umum.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA

 
 
 

TERPOPULER

Kamis , 01 Jan 1970, 07:00 WIB