Sunday, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 January 2020

Sunday, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 January 2020

Singapura, Potensi Investor Terbesar di Destinasi Prioritas

Senin 16 Oct 2017 18:51 WIB

Rep: Friska Yolandha/ Red: Dwi Murdaningsih

Kawasan wisata Mandeh, salah satu destinasi indah di Pesisir Selatan, Sumatra Barat

Kawasan wisata Mandeh, salah satu destinasi indah di Pesisir Selatan, Sumatra Barat

Foto: Pinterest

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menawarkan proyek pariwisata di destinasi prioritas senilai 2,9 miliar dolar AS. Tiga destinasi di antaranya telah memiliki proyek-proyek yang siap ditawarkan (ready to offer).

Ketua Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata Hiramsyah Thaib mengatakan, salah satu potensi investor terbesar berasal dari Singapura. "Mungkin tidak murni negara Singapura, tapi banyak investor yang menganggap Singapura menjadi hub investasi untuk wilayah Asia," ujarnya, Senin (16/10).
 
Tiga destinasi prioritas yang siap ditawarkan pada investor adalah Danau Toba, Borobudur, dan Tanjung Kelayang. Proyek yang ditawarkan bermacam-macam, di antaranya proyek pembangunan hotel, jalur kereta, objek wisata, dan pembangunan infrastruktur jalan. 
 
Hiramsyah mengatakan, ready to offer berarti investor tinggal masuk untuk berinvestasi dan tidak perlu memikirkan pembebasan lahan yang selama ini membebani investor. "Masih ada perizinan, tapi sedikit lagi," ujar Hiramsyah.
 
Pemerintah daerah diharapkan mempermudah perizinan bagi investor yang ingin berinvestasi. Salah satunya dengan relaksasi peraturan daerah (perda). Pemerintah diminta untuk tidak mempersulit izin bagi investor yang ingin ikut mengembangkan pariwisata daerah tersebut.
 
"Ada pemda tertentu yang mempersulit investasi, izin hotel berbeda, bangun kolam renang berbeda, izin restoran, lift, itu kan lima sampai enam izin bisa dijadikan satu," ujar Kepala BKPM Thomas Lembong.
 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA