Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Saturday, 7 Syawwal 1441 / 30 May 2020

Ini Akibatnya Jika Tidur dengan Rambut Basah

Selasa 17 Oct 2017 05:37 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari

Memiliki rambut sehat dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Memiliki rambut sehat dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepulang berkegiatan di malam hari, mandi dan keramas terasa seperti penutup hari yang sempurna. Namun, jangan lupa mengeringkan rambut karena tidur dengan rambut basah bisa menyebabkan sejumlah masalah berikut, dikutip dari laman Lifehack.

Terserang flu
Risiko ini sebenarnya bukan karena kelembapan kulit kepala, tetapi disebabkan bantal yang terkena rambut basah dan menjadi tempat berkembangnya bakteri. Saat Anda tertidur, hidung, mulut, dan mata sangat mungkin terinfeksi virus dan bakteri penyebab flu.

Ketombe dan rambut kusam
Kepala yang lembap dan terbaring di bantal semalaman juga bisa mendampak kesehatan dan tampilan rambut, salah satunya menyebabkan rambut menjadi kusam. Masalah lain yang rentan terjadi adalah munculnya ketombe di kulit kepala.

Kesehatan kulit
Kesehatan kulit juga bisa menjadi korban dari kebiasaan yang tampaknya tidak berbahaya ini. Paparan bakteri dapat menyebabkan penurunan kesehatan kulit secara keseluruhan, menyebabkan kulit kering, jerawat, atau iritasi.

Hidup dengan bakteri
Rata-rata orang menghabiskan sekitar delapan jam semalam untuk tidur. Itu artinya ada 56 jam sepekan dan 2.912 jam setahun yang dihabiskan seseorang dengan terpapar bakteri dan membahayakan diri sendiri.

Untuk menghindari peluang pertumbuhan bakteri itu, ada cara-cara pencegahan yang bisa dilakukan. Cara pertama adalah selalu menjaga kebersihan bantal, seprai, dan tempat tidur, atau menempatkan handuk kering di atas bantal untuk berjaga-jaga.

Cara mudah lain untuk menghindarkan risiko adalah memastikan rambut benar-benar sudah kering sebelum tidur menggunakan alat pengering rambut. Bisa juga dengan membiasakan diri keramas saat mandi pagi yang lebih menyegarkan dan menjadi cara bagus untuk memulai hari.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA