Ahad 15 Oct 2017 14:38 WIB

Klasemen MotoGP: Selisih Angka Marquez dan Dovi Menipis

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Andri Saubani
Marc Marquez (kanan) dan Andrea Dovozioso dalam sesi konferensi pers GP Jepang, di Sirkuit Motegi, Kamis (12/10).
Foto: AP Photo/Shizuo Kambayashi
Marc Marquez (kanan) dan Andrea Dovozioso dalam sesi konferensi pers GP Jepang, di Sirkuit Motegi, Kamis (12/10).

REPUBLIKA.CO.ID, MOTEGI -- Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, berhasil memenangkan balapan MotoGP di Grand Prix Jepang. Di atas lintasan yang basah karena kondisi hujan, Ahad (15/10), pembalap asal Italia ini finis sebagai yang tercepat dengan mencatatkan waktu 47 menit 14.236 detik. Ini menjadi kemenangan kelima Dovi musim ini.

Dovi mengalahkan persaingan ketat dengan pembalap repsol Honda, Marc Marquez, dan pembalap Pramac Ducati, Danillo Petrucci, yang masing-masing finis di podium kedua dan ketiga. Marquez mencatat selisih waktu 0,249 detik dari Dovi. Sedangkan Petrucci terpaut 10,557 detik dari sang pemenang.

Dengan strategi ban belakang yang berbeda, Petrucci yang start paling depan sebenarnya sempat memimpin. Namun, saat balapan menyisakan 12 putaran, Marquez mulai tancap gas dan menyalip Petrucci. Sementara, Dovi dengan sabar membuntuti kedua pembalap itu.

Kesabaran Dovi terbayar saat ia mampu merebut posisi terdepan dari Marquez pada tikungan kelima putaran ke-19. Pada putaran ke-20, Marquez sempat mempersempit keunggulan pada tikungan 12-24. Sehingga, membuat Dovi terjepit di tikungan ketiga.

Pada lap terakhir, saat memimpin Marquez sempat goyang lantaran trek yang sangat basah. Dovi pun kemudian mencuri posisi terdepan dari Marquez di tikungan keenam. Marquez sempat membuat manuver agresif pada tikungan jelang finis, namun kemudian melebar yang membuat Dovi meluncur mulus melintasi garis finis.

Kemenangan ini membuat selisih angka antara Marquez dan Dovi di klasemen MotoGP tinggal 11 angka. Perebutan gelar juara dunia tahun ini diperkirakan akan ketat dengan tiga seri balapan tersisa di Australia, Malaysia, dan Spanyol. Berikut klasemen MotoGP setelah GP Jepang.

1. Marc Marquez (Spanyol) Honda 244

2. Andrea Dovizioso (Italia) Ducati 233

3. Maverick Vinales (Spanyol) Yamaha 203

4. Dani Pedrosa (Spanyol) Honda 170

5. Valentino Rossi (Italia) Yamaha168

6. Johann Zarco (Prancis) Yamaha125

7. Jorge Lorenzo (Spanyol) Ducati116

8. Danilo Petrucci (Italia) Ducati111

9. Cal Crutchlow (Britain) Honda92

10. Jonas Folger (Jerman) Yamaha84

11. Alvaro Bautista (Spanyol) Ducati70

12. Aleix Espargaro (Spanyol) Aprilia 62

13. Jack Miller (Australia) Honda56

14. Scott Redding (Britain) Ducati56

15. Andrea Iannone (Italia) Suzuki50

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement