Jumat, 22 Zulhijjah 1440 / 23 Agustus 2019

Jumat, 22 Zulhijjah 1440 / 23 Agustus 2019

Erick Nilai Skuat SM Cukup untuk Liga Basket Musim Depan

Ahad 15 Okt 2017 03:55 WIB

Red: Ratna Puspita

Erick Thohir

Erick Thohir

Foto: Republika/Rizky Jaramaya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pemlik klub Liga Bola Basket Indonesia (IBL), Satria Muda (SM) Pertamina Erick Thohir mengatakan komposisi skuatnya sudah cukup menjalani liga musim 2017-2018, setelah mendatangkan dua pemain lokal baru dan dua pemain asing.

"Saya rasa sudah cukup untuk saat ini. Pelatih Youbel Sondakh ingin mematangkan pemain-pemain muda yang ada saat ini," ujar Erick di Jakarta, Sabtu (14/10).

Para pemain SM yang ada saat ini memang didominasi pemain muda dengan rataan usia 24 tahun. Dua nama lokal yang direkrut jelang musim IBL terkini juga masih berumur di bawah 24 tahun yaitu, Rivaldo Pangesthio (21 tahun) dan Christian "Coke" Gunawan (23 tahun).

Meski demikian, berbeda dengan Coke, Rivaldo belum bisa bermain di IBL musim 2017-2018 karena harus menyelesaikan pendidikannya terlebih dahulu.

Pemain anyar Satria Muda Pertamina Christian Gunawan atau Coke (kiri) bersama Erick Thohir. 

"Untuk Coke, saya masih akan melihat kemampuannya dalam beberapa bulan ini, termasuk nanti di Piala Perbasi 2017. Intinya saya hanya ingin menurunkan pemain-pemain terbaik di liga. Selain itu, saya pun berharap semua pemain, termasuk yang baru direkrut, bisa saling melengkapi," kata pelatih SM Pertamina Youbel Sondakh.

Sementara dua pemain asing yang masuk skuat SM adalah point guard Kevin Bridgewaters (33 tahun) dan center Dior Lowhorn (30 tahun). Keduanya berasal dari Amerika Serikat. Nama Dior Lowhorn tidak asing di kancah bola basket nasional karena dia sudah memperkuat Satria Muda Pertamina kala menjuarai Piala Perbasi 2016.

Lowhorn juga sempat dibawa SM untuk menjalani pertandingan uji coba di Singapura pada akhir September 2017. "Kami sengaja memilih Lowhorn di draft karena selain berstatus 'available', dia dalam kondisi fit setelah tampil di turnamen bola basket di Medan dan Surabaya beberapa waktu lalu," tutur Youbel.

Dior Lowhorn ketika memperkuat Satria Muda pada Perbasi Cup 2016. (Republika)

Dia melanjutkan, di musim 2017-2018 yang digelar mulai 8 Desember 2017, tim akan lebih sering memainkan pemain-pemain muda, seperti Avan Seputra dan Juan Laurent Kokodiputra.

Demi menyeimbangkan tim, SM Pertamina pun memperpanjang kontrak dua pemain seniornya forward-center Christian Ronaldo "Dodo" Sitepu dan sang kapten sekaligus small forward andalan Arki Dikania Wisnu.

Namun, tidak semua pemain SM berada dalam kondisi fit. Vamiga Michel, yang sempat dipanggil untuk mengikuti seleksi tim nasional, masih dalam masa penyembuhan cedera di pergelangan kaki belakang atau achilles. "Semoga dia bisa bermain ketika IBL dimulai," tutur Youbel.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA