Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Juara Soprema 2017 Diharapkan Dapat Tebar Manfaat

Jumat 13 Oct 2017 19:46 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah/ Red: Fernan Rahadi

Salah satu kegiatan dalam kompetisi Sociopreneur Muda Indonesia (Soprema) 2017.

Salah satu kegiatan dalam kompetisi Sociopreneur Muda Indonesia (Soprema) 2017.

Foto: Fisipol UGM

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kompetisi dan Expo SOPREMA 2017 mengumumkan para jawaranya pada acara Cultural and Awarding Night yang digelar di Selasar Barat FISIPOL UGM, Kamis (12/10). Malam puncak Soprema 2017 diisi dengan parade busana daerah yang diwakili oleh masing-masing peserta.

Pada kategori start up, posisi the Winner  diraih oleh Nusa Berdaya (Bali) dan Runner Up jatuh pada Kisara (Lampung). Sedangkan untuk kategori kick off KangPuj Farm (Jawa Barat) dan Farid Anggara Tim (Kalimantan Timur) berturut-turut menempati posisi the Winner dan Runner Up. 

Jawara lainnya kategori start up secara berurutan adalahSayok Kite Hydrofarm (Kalimantan Barat), dan Agradaya (DIY) sementara di kategori kick off terdapat Arasy Creative (Jawa Tengah), Sanggare (Jawa Barat), dan Putra Rafflesia (Bengkulu). Kesembilan jawara tersebut disaring dari 1.148 peserta dari 29 provinsi. 

Dari kategori kick off, KangPuj Farm dari tema Ketahanan keluar sebagai jawara dan mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp 40 juta. 

Senior Vice President Bank Rakyat Indonesia (BRI) Agus Rachmadi menyatakan akan selalu mendukung Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) maupun UGM dalam menumbuhkan, mengembangkan dan mendampingi kewirausahaan sosial pemuda di Indonesia. Harapannya para pemenang bisa memberikan kebermanfaatan yang berkelanjutan terhadap masyarakat di sekitarnya. Sehingga permasalahan sosial dan ekonomi yang ada di lingkungannya dapat teratasi.

Begitu pula harapan yang di sampaikan oleh Drs. Ponijan, Asisten Deputi Kewirausahaan Kemenpora RI. “Harapannya SOPREMA bukan hanya ajang mencari juara bagi para pemuda, tetapi sebenarnya ada hal yang lebih penting yaitu pertemuan para pemuda dari berbagai provinsi dengan bidang usaha yang beragam pula,” kata Ponijan. 

Menurutnya, Kompetisi dan Expo SOPREMA 2017 mampu menjadi awal yang baik untuk para pemuda saling berkolaborasi. Selain itu, pengembangan kewirausahaan social mampu masuk ke seluruh pelosok di Indonesia.Selain itu, SOPREMA juga memberikan penghargaan sebagai juara harapan untuk kategori start up kepada Yourspark (Jawa Barat), Keripik Tempe Sarjana (Jawa Tengah), Eufoni Musika (DIY), Angkring Jogja (DIY), Sorghum Lombok (NTB), dan Kejamuran (Kalimantan Selatan). 

Juara harapan untuk kategori kick off diraih oleh D'Milk Juara (DIY), Corbula Sidoarjo (Jawa Timur), BBQProject (Jawa TImur), Nutra Brownies (Kep. Riau) Rp 3 juta, dan Studio Dapur (Jawa Barat). Ada pula peghargaan Best Performance yang diberikan kepada Smoked Fish (Jawa Timur), Belimbing Island (Jawa Barat), AyReal Food (Sulawesi Selatan), dan Pempek Meledos (Sumatera Selatan) untuk kategori start up. Sedangkan KangPuj Farm (Jawa Barat), Gifood (DIY), Econs (DIY), dan Annisa Raudatul Jannah (NTB) adalah peraih Best Performance dari kategori kick off.

Tak hanya para peserta kompetisi saja, namun SOPREMA juga memberikan apresiasi kepada para pengisi booth expo yang berlangsung selama tiga hari di Grha Sabha Pramana. Adapun kedua booth yang meraih penghargaan Best Sociopreneur Expo, yaitu Karang Taruna DIY dan Ie Saka Taste of Aceh. Masing-masing dari keduanya memperolehuang tunai senilai Rp 1 juta.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA