Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Khofifah: Pangandaran Aman Bagi Wisatawan

Rabu 11 Oct 2017 08:39 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Andi Nur Aminah

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, saat mengunjungi lokasi bencana longsor Pangandaran

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, saat mengunjungi lokasi bencana longsor Pangandaran

Foto: Humas Kemensos

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN -- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengunjungi lokasi bencana longsor di Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (10/10). Ia menyampaikan kondisi Pangandaran berangsur pulih dan bisa kembali dikunjungi wisatawan.

Mensos mengatakan lokasi wisata di Pangandaran tidak terdampak bencana. Sebab, titik-titik banjir dan longsor yang terjadi pada Sabtu, (7/10) lalu berada jauh dari lokasi wisata Pangandaran. Kini, para pengungsi pun mulai kembali ke rumahnya masing-masing.

"Banjir sudah surut, area wisata Pangandaran tidak terkena dampak karena lokasi longsor cukup jauh dan pengungsi secara berangsur kembali ke rumah. Pangandaran aman dan kondusif bagi wisatawan," katanya.

Khofifah menyesalkan penyebarkan berita //hoaks tentang situasi bencana di Pangandaran. Apalagi berita //hoaks itu muncul tak hanya di Pangandaran, melainkan juga soal status Gunung Agung Bali. "Kabar bohong yang beredar melalui media sosial berlebihan karena menyebut Pangandaran lumpuh total akibat bencana banjir dan longsor," ujarnya.

Sebelumnya, banjir dan longsor melanda Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (7/10). Dampaknya, ratusan rumah tersebar di sejumlah kecamatan ada yang rusak berat, rusak sedang dan rusak ringan. Empat orang dinyatakan meninggal akibat kejadian ini.

Bencana tersebut terjadi akibat tingginya curah hujan bersamaan dengan rob (air pasang) yang mengakibatkan sejumlah sungai dan anak sungai meluap sehingga menyebabkan banjir dan longsor di sejumlah titik.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA