Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Pengobatan Ala Rasul dengan Henna

Selasa 10 Oct 2017 11:22 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Esthi Maharani

 Henna tradisional digambar di atas kulit salah satu siswa Australia.

Henna tradisional digambar di atas kulit salah satu siswa Australia.

REPUBLIKA.CO.ID, Semakin berkembangnya pengobatan modern seringkali membuat kita mengabaikan pengobatan ala Rasulullah SAW. Padahal, nabi memberikan sejumlah resep yang ampuh untuk mengobati berbagai penyakit.  Salah satunya Henna atau inai. Henna dengan nama ilmiah, lawsonia inermis telah dikenal sejak lama di dunia Muslim. Henna banyak ditanam di India dan Sudan, serta digunakan terutama untuk tujuan kosmetik.

Tanaman ini kadang-kadang disebut tanaman ajaib karena memiliki efek penyembuhan yang hebat, mengandung banyak zat penyembuhan seperti zat tanin. Henna memiliki efek anti-mikroba dan anti-virus. Henna yang dikonsumsi tidak memiliki efek samping karena merupakan bahan yang alami. Berikut beberapa kegunaan henna:

Menyembuhkan luka bakar
Henna sangat efektif bila diaplikasikan pada saat pertama terkena luka bakar. Henna berefek mengurangi rasa sakit, mengurangi mikroba dari luka bakar terlebih jika luka bakarnya cukup besar, sebagai efek anti-mikroba sehingga mengurangi risiko infeksi, melindungi luka sampai penyembuhan selesai. Henna mudah diaplikasikan dalam bentuk salep maupun bedak. Henna juga sangat murah dan tersedia diberbagai tempat.

Menyembuhkan luka
Henna mampu penyembuhan luka, terutama luka kronis dan bisul. Penyebab utama dari hal ini tidak diketahui, namun ini mungkin merupakan efek menutrisi luka dengan sifat anti-mikroba yang dimilikinya.

Menyembuhkan peradangan hidung
Henna telah terbukti efisien dalam penyembuhan pendarahan hidung (epistaksis), memberikan penyembuhan yang tahan lama. Satu kali dosis umumnya cukup. Ini lebih berhasil daripada kauterisasi, yang biasanya harus diulang dan tidak dapat menjamin bahwa tidak akan ada kekambuhan perdarahan. Efek samping Henna hanya dapat menyebabkan bersin-bersin ringan.

Anti-virus
Henna memiliki efek anti-virus. Ini terbukti dalam pengobatan kutil (terutama kutil yang tahan terhadap pengobatan nitrogen cair), Herpes Simplex (diaplikasikan sebagai bedak, mengeringkan vesikula, mencegah pembentukan ulserasi dan kerak, dan mencegah infeksi sekunder). Manfaat henna ini sangat menjanjikan, dan harus dijelajahi lebih jauh.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA